PESAWAT milik maskapai Wings Air bertipe ATR- 72-600 dengan registrasi PK-WHV berhasil melakukan proving flight di Bandara RHA Sei Bati, Karimun, Kamis (23/5). (Foto by Lion Air)

batampos.co.id – Lion Air Group berhasil melakukan proving flight atau uji coba terbang awal Wings Air dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Sei Bati berlangsung lancar, Kamis (23/5/2019). Tidak ada kendala dalam penerbangan yang melibatkan pesawat bertipe ATR- 72-600 dengan registrasi PK-WHV itu.

Mengangkut empat kru yang terdiri dari dua flight operation officer (FOO) dan perwakilan dari Regional Manager Lion Air Group, Wings Air lepas landas dari Bandara Hang Nadim Batam sekira pukul 13.05 WIB dan mendarat di Bandara RHA Sei Bati sekira pukul 13.30 WIB. Kemudian, pesawat lepas landas kembali dari Bandara RHA Sei Bati pukul 14.25 WIB dan mendarat di Batam sekira pukul 14.50 WIB. Total perjalanan mencapai 25 menit untuk sekali jalan.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, proving flight merupakan bagian langkah strategis perusahaan dalam upaya melakukan pengkajian pasar dan potensi layanan penerbangan berjadwal, salah satunya sektor pariwisata di Kepri. Selain itu juga, menguji kemampuan atau kapabilitas pengoperasian pesawat ATR di Bandara Karimun.

“Kami menyambut baik keberadaan pintu udara di Karimun, yang memiliki panjang landasan pacu (runway) 1.400 meter sebagai komersial (sipil). Diharapkan apabila setelah dilakukan proving flight dan market review, Wings Air bisa melayani rute berjadwal di Karimun,” katanya, dalam keterangan pers yang diterima batampos.co.id.

Dengan demikian, akan memberikan alternatif baru perjalanan udara sejalan tren era kekinian (millennials traveling), mempermudah akses, dan mendukung pertumbuhan ekonomi baru di wilayah kepulauan, serta memperkuat konektivitas antardaerah.

“Wings Air yang berperan feeder menjadikan Batam sebagai salah satu kota penghubung (hub) dengan mengoperasikan 10 frekuensi penerbangan harian pergi-pulang (PP). Layanan ini menunjukkan Wings Air dan maskapai Lion Air Group berperan menyediakan akses sesuai bagian dari konsep Komponen Daerah Tujuan Wisata 3A yaitu aksesibilitas (access),” katanya.

Di Batam, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air saat ini sudah melayani 56 frekuensi penerbangan regular flight PP.

“Layanan tersebut menawarkan nilai tambah bagi travelers, karena tercipta kemudahan perjalanan lanjutan yang saling terhubung (connecting flight) ke beberapa kota tujuan, antara lain Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Dumai, Letung, Natuna, Rengat, Tanjung Pinang, Jambi, Kerinci, Palembang, Pangkalpinang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Denpasar, Lombok, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok,” jelasnya. (gun)

JARINGAN PENERBANGAN LION AIR GROUP DI BATAM

Rute Lion Air Frekuensi Terbang
Batam – Medan Kualanamu 5 kali per hari
Batam – Padang 3 kali per hari
Batam – Pekanbaru 3 kali per hari
Batam – Palembang 1 kali per hari
Batam – Pangkalpinang 1 kali per hari
Batam – Tanjung Karang 1 kali per hari
Batam – Jambi 1 kali per hari
Batam – Pontianak 2 kali per hari
Batam – Soekarno-Hatta, Tangerang 3 kali per hari
Batam – Bandung 1 kali per hari
Batam – Semarang 1 kali per hari
Batam – Yogyakarta 1 kali per hari
Batam – Surabaya 3 kali per hari
Rute Wings Air  
Batam – Tanjung Pinang 1 kali per hari
Batam – Natuna 1 kali per hari
Batam – Rengat 4 kali per minggu
Batam – Dumai 1 kali per hari
Batam – Letung 4 kali per minggu
Batam – Bengkulu 1 kali per hari
Rute Batik Air  
Batam – Soekarno-Hatta, Tangerang 1 kali per hari
Batam – Jakarta Halim Perdanakusuma 1 kali per hari