batampos.co.id – Masyarakat Kota Batam yang belum terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini tidak perlu lagi mengantre di kantor BPJS Kesehatan di Batam Centre.

Cukup Dengan mengunduh aplikasi Mobile jaminan kesehatan nasional (JKN), Anda sudah bisa mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam, Irfan Racmadi, mengatakan, dalam aplikasi tersebut, ada fitur pendaftaran peserta baru.

”Untuk mendaftar sebagai peserta masyarakat tak perlu lagi datang ke kantor, cukup daftar di aplikasi JKN. Jadi tak perlu antre lagi ke kantor,” ujar Irfan.
Menurutnya, aplikasi Mobile JKN memberikan lima kemudahan.

Yuli, menunjukkan aplikasi di ponselnya untuk layanan pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Di antaranya, memudahkan pendaftaran dan perubahaan data kepesertaan, mengetahui informasi peserta dan keluarga, memudahkan informasi tagihan dan iuran, mempemudah layanan kesehatan serta mempermudah dalam menyampaikan pengaduan serta informasi JKN-KIS lainnya.

”Aplikasi ini dapat mempermudah peserta dalam informasi dan perubahaan data yang bisa dilakukan lewat ponsel,” imbuhnya.

Menurut dia, kepesertaan akan aktif setelah 14 hari pendaftaran melalui mobile JKN . Hal ini sama dengan pendaftaran secara manual. Setelah dua minggu, masyarakat baru bisa membayar keaktifan peserta melalui mitra bank BPJS Kesehatan. Di antaranya Bank Mandiri, BRI, BTN dan BNI.

”Pengambilan kartu kepesertaan bisa diambil langsung ke Kantor BPJS Kesehatan dengan membawa bukti pembayaran,” tutur Irfan.(she)