batampos.co.id – Arus mudik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada momen lebaran 2019 ini diprediksi mengalami penurunan hingga 20 persen.

Direktur Badan Usaha Bandara Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan dalam kondisi normal jumlah penumpang berada di kisaran angka 7.000 penumpang perhari.

“Saat ini berkurang hingga 1.400 penumpang menjadi hanya sekitar 5.600 penumpang saja,” katanya kepada batampos.co.id, Rabu (22/5/2019).


Terminal keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam terlihat sepi. Foto diambil beberapa waktu lalu.
Foto: Cecep Mulyana / batampos.co.id 

Kondisi ini lanjutnya berbanding lurus dengan tidak adanya pengajuan ekstra flight dari sejumlah maskapai yang melayani 23 rute penerbangan ini.

Menurutnya, pada momen yang sama di tahun 2018, sudah ada pengajuan ekstra flight dari maskapai Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya dengan berbagai rute.

“Kalau sekarang pasti turun jumlah pemudik, sekarang saja masih sepi,” ujarnya.

Pada tahun 2019 ini, Suwarso memprediksi penurunan jumlah pemudik sekitar 10 persen dibanding pemudik pada 2018 lalu.

Kata dia, pada 2018 lalu ada sekitar 150 ribu orang yang menggunakan jalur udara meninggalkan Batam terhitung sejak H-8 hingga H+6 lebaran.

Artinya akan ada penurunan sebanyak 15 ribu orang pada momen mudik lebaran 2019 via Bandara Internasional Hang Nadim Batam ini.

Suwarso menuturkan, faktor utama penurunan disebabkan masih tingginya harga tiket pesawat sejak awal tahun 2019.

Meskipun saat ini sudah ada kebijakan terkait aturan tarif batas atas (TBA) yang akan turun hingga 15 persen, namun penerapannya sampai saat ini belum memberikan pengaruh signifikan.(bbi)

Loading...