batampos.co.id – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batam menetapkan 539 titik pelaksanaan salat Idulfitri tahun ini.

Kepala Seksi (Kasi) Bimas Kantor Kemenag Kota Batam, Budi Dermawan, menyebutkan, pelaksanaan salat Id akan digelar di dua lokasi yaitu masjid dan lapangan. Sebanyak delapan titik salat akan digelar di lapangan.

Loading...

Pertama Dataran Engku Putri Batam Center, lapangan Temenggung Abdul Jamal, depan ruko Tiban Impian, lapangan bola Tiban, Lapangan Kartini Raya II, lapangan bola Taman Sari Hijau, Lapangan Batamindo dan lapangan parkir utama House Market Lubukbaja.

”Kemungkinan masih sama. Lokasi salat Id baik di lapangan maupun masjid masih sama dengan tahun lalu,” kata Budi, Kamis (23/5/2019). Budi mengungkapkan, kondisi saat ini yang sering hujan diperkirakan akan membuat umat muslim lebih memilih salat di masjid terdekat dari rumah mereka.

Ribuan masyarakat Kota Batam memadati lapangan Engku Putri untuk melaksanakan salat idulfitri pada 2018 lalu. Foto: Cecep Mulyana/batampos.id

Namun demikian, ia tetap berharap cuaca saat pelaksanaan salat Id cerah dan tidak hujan. ”Tergantung panitia nantinya. Kalau hujan pasti diminta salat di masjid. Kalau bagus boleh memilih di lapangan,” terangnya.

Untuk menjaga kebersihan, ia mengimbau bagi jemaah yang membawa alas berupa koran harap membereskan kembali usai mengikuti salat. Meskipun ada petugas kebersihan, tetap saja membersihkan sendiri akan membantu mereka yang bertugas dalam pelaksanaan salat Id.

Mengenai waktu pelaksanaan, Budi menambahkan tetap menunggu hasil putusan dari Kementerian Agama (Kemenag) pusat. Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan pemantauan hilal pertanda jatuhnya 1 Syawal.

”Kalau ikut kalender itu tanggal 5 dan 6 Juni kalau tidak salah. Jadi, mungkin sebelum penetapan kami pantau lagi di Tanjungpinggir, seperti saat memantau waktu Ramadan,” bebernya.

Selain itu, nanti sebelum Salat Id dimulai juga akan ada pengumuman mengenai berapa banyak zakat, infak dan sedekah selama bulan Ramadan. ”Itu di Engku Putri nanti diumumkan,” sebutnya.(yui)

Loading...