batampos.co.id – Avition Security (Avsec) Hang Nadim kembali menangkap kurir sabu, Rabu (22/5/2019) di Security Check Point (SCP) pertama terminal keberangkatan Hang Nadim.

Sabu seberat 180 gram yang diamankan dari tangan Rian Holid ini, rencananya akan dibawa menuju Lombok.

Loading...

“Walaupin sepekan ini kami amankan 6 orang kurir sabu. Namun masih tetap saja ada yang mencoba menyelundupkannya melalui Hang Nadim. Jadi pelaku ini menuju Lombok, via Surabaya,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, Jumat (24/5/2019).

Ia mengatakan penangkapan ini bermula dari kecurigaan petugas Avsec dibagian X Ray barang. Terlihat dari monitor X Ray, ada bentuk yang mencurigakan dari koper berwarna cokelat.

Karena hal ini, petugas Avsec mwminta Ryan membuka koper tersebut. Petugas pun melakukan pemeriksaan secara manual. Dari pemeriksaan ini, petugas menemukan 4 bungkus sabu yang disembunyikan dalam lipatan celana jin.

“Pelaku ini mengira dapat melolosakan sabu dengan cara ini. Namun petugas sudah dibekali pengetahuan terkait sabu. Sehingga mengenali ciri-ciri bentuk barang yang mencurigakan ini,” kata Suwarso.

Kepada petugas, Rian tidak mau berbicara banyak. Ia lebih memilih bungkam sata ditanya asal sabu tersebut.

“Agar dapat dilakukan penyelidikan lebih lanjut, kami serahkan ke instansi terkait,” ungkapnya.

Ia mengatakan sudah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jelang mudik lebaran. Karena banyaknya masyarakat yang akan mudik, Suwarso khawatir momen ini dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.

Oleh sebab itu, Bandara Hang Nadim membuka dua pintu terminal kedatangan untuk mengurai tumpukan antrian penumpang. Dan setiap pintunya dibuat sistem buka tutup. Ia menerangkan sistem ini penumpang yang mengantri di depan SCP pertama, diatur hanya 5 hingga 10 orang. “Petugas juga akan memilah, dugaan bawaan penumpang yang diduga memiliki potensi menyelundupkan barang ilegal. Apabila ada dugaan itu, kami melakukan pemeriksaan manual,” ungkapnya.

Selain itu, dipintu-pintu masuk terminal Hang Nadim ditempatkan sebanyak12 orang Avsec. Selain 12 orang yang berjaga dipintu-pintu terminal keberangkatan Hang Nadim. Suwarso menyebut juga ada beberapa petugas yang patroli.

“Kami akan terus berupaya memberikan pengawasan, pengamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (ska)

Loading...