ilustrasi

batampos.co.id – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan rumah tangga di Batam. Tahun depan, PGN akan membangun 18.000 jaringan gas rumah tangga (jargas) baru di kota industri ini.

Sales Area Head PT PGN Batam Wendi Purwanto mengatakan, pem­bangunan 18 ribu jargas untuk Batam ini merupakan program penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Saat ini pihak PGN tengah melakukan survei untuk mendata 18.000 rumah tangga yang akan mendapatkan sambungan jargas gratis tersebut.

”Sekarang pendataan baru berjalan 40 persen. Oktober nanti ditargetkan selesai dan diajukan ke Kementerian ESDM. Sehingga awal 2020 sudah bisa dikerjakan,” kata Wendi saat buka bersama wartawan di Batam Centre, Kamis (23/5/2019).


Wendi menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah mendata beberapa calon pelanggan gas rumah tangga di Perumahan Cipta Asri di Sagulung dan beberapa permukiman di wilayah Batam Centre. Para calon penerima sambungan jargas gratis ini diutamakan untuk warga yang tinggal di permukiman yang dekat dengan jalur pipa PGN.

”Dan yang pasti semua gratis. Nanti warga tinggal menikmati gas di dalam rumah,” katanya.

Menurut Wendi, antusiasme masyarakat Batam untuk mendapat sambungan gas rumah tangga sangat tinggi. Hal ini dikarenakan gas bumi memang memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan gas LPG. Dari sisi efisiensi, kata Wendi, gas bumi jauh lebih murah dibandingkan LPG. Yakni hanya Rp 2.500 per meter kubik atau ekuivalen 1 kg LPG.

”Kalau dibandingkan dengan LPG 3 kg, jelas lebih hemat,” katanya.
Selain itu, gas bumi jauh lebih aman dibandingkan dengan gas LPG. Sebab gas alam lebih ringan dari udara.

Sehingga jika terjadi kebocoran, maka potensi akan terjadi kebakaran sangat kecil.
Hal ini diakui Ristianti, pelanggan gas rumah tangga PGN di Perumahan Taman Carina, Batuaji, Batam. Menurut dia, biaya gas bumi jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan LPG.

”Pakai LPG bisa habis Rp 60 ribu per bulan. Tapi sejak pakai gas PGN hanya sekitar Rp 30 ribu per bulan,” kata Ristianti, belum lama ini.

Ristianti merupakan satu dari ribuan pelanggan gas rumah tangga PGN di Batam. Saat ini sudah ada lebih dari 4.000 jargas yang sudah terpasang di Batam. Lokasi pelanggan tersebar di beberapa titik di Batam, mulai dari Batuaji dan Batam Centre. (man)

Loading...