Kamis, 28 Maret 2024

Siang Ini, Prabowo-Sandi Ajukan Gugatan ke MK

Berita Terkait

batampos.co.id – Penunjuk waktu hitung mundur di lantai dasar gedung Mahkamah Kons­titusi (MK) terus bergerak, Kamis (23/5/2019).

Di sisi kiri untuk pendaftaran sengketa hasil pilpres, sementara di sisi kanan untuk pileg. Sejak KPU mengetuk palu Selasa (21/5) dini hari lalu, bola tahapan pemilu resmi dioper sementara ke MK.

Pendaftaran sengketa hasil pileg telah berakhir Jumat (24/5) dini hari tadi pukul 01.46.

Sementara, pendaftaran sengketa hasil pilpres akan ditutup nanti malam pukul 24.00.

Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menegaskan akan mengajukan gugatan ke MK. Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo ditunjuk sebagai koordinator tim yang akan mengomandoi pengajuan gugatan ke MK.

“Pak Prabowo dan saya menunjuk Pak Hashim sebagai penanggungjawab untuk gugatan ke MK,” terang Sandiaga saat memberikan keterangan pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

Terkait nama-nama kuasa hukum yang masuk tim, Sandiaga menyatakan, sebelum pengajuan disampaikan ke MK, pihaknya akan mengumumkan nama-nama pengacara yang akan mewakili Prabowo dan Sandi dalam menghadapi sengketa Pilpres 2019.

Pengumuman tim kuasa hukum akan disampaikan siang ini. Yaitu, setelah penyusunan tim hukum selesai.

“Jam 2 siang akan kami umumkan kepada masyarakat,” terang Sandiaga.

Terkait materi gugatan, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu belum bisa menyampaikan. Materi gugatan masih disiapkan dan akan dirampungkan sampai siang ini.

“Penyusunan materi gugatan akan dikebut,” kata pengusaha muda itu.

Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin juga menyiapkan diri menghadapi gugatan yang akan diajukan paslon 02. Kemarin, TKN mengumumkan nama-nama tim kuasa hukum.

“Pengajuan gugatan ke MK merupakan jalan konstitusional dalam menyelesaikan sengketa pemilu,” terang Wakil Ketua TKN Arsul Sani saat konferensi pers di Media Center Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Tim hukum TKN akan dipim-pin Yusril Ihza Mahendra. Kemudian ada empat wakil ketua tim, yaitu Arsul Sani, Trimedya Panjaitan, Teguh Samudera, dan Luhut Pangaribuan. Sekretaris tim hukum dijabat Ade Irfan Pulungan. Sedangkan tim persidangan akan diisi Arteria Dahlan, Hermawi Taslir, Harul Rajagukguk, Habsan Taher, Muslim Jaya Butar Butar, dan Dini Purwono.

Arsul mengatakan, dalam sengketa pemilu, paslon 01 menjadi pihak terkait. Menu-rutnya, TKN telah menyiapkan data untuk menghadapi sengketa di MK.

“Kami akan siapkan penangkalnya,” terang Sekjen PPP itu. (byu/lum)

Update