Kamis, 25 April 2024

Taman Pemakaman Umum Sambau Kota Batam Minim Fasilitas 

Berita Terkait

batampos.co.id – Fasilitas pendukung di taman pemakaman umum (TPU) Sambau, Kecamatan Nongsa, masih sangat minim. Salah satunya yang belum dipenuhi pihak pengelola adalah musola.

Ketua pengelola TPU Sambau, Usman Muharam, menuturkan, fasilitas seperti aliran listrik, air bersih, dan penerangan belum bisa dipenuhi secara maksimal. Bahkan untuk fasilitas musola pihaknya memang belum bisa menyediakan.

“Musala ini cukup banyak yang cari, tapi kita memang belum bisa sediakan, air juga kita tidak ada,” katanya ketika ditemui batampos.co.id di kawasan makam pada Kamis (23/5/2019).

Area Taman Pemakaman Umum Sambau, Kecamatan Nongsa Kota Batam. Di TPU ini masih banyak fasilitas yang belum bisa dipenuhi pengelola, salah di antaranya musola dan air bersih. Foto: Bobi/batampos.co.id

Sementara untuk penerangan di area makam sudah ada meski hanya di pinggir. Sedangkan fasilitas air bersih sendiri, pihaknya sangat mengharapkan jaringan pipa ATB bisa masuk hingga ke pemukiman warga di kampung sekitar kawasan, termasuk ke area pemakaman. Baca Juga: 20 Ribu Kuburan Hasil Karya Pak Eko di TPU Taman Langgeng Kota Batam

“Untuk penerangan kita memang telah menerima bantuan dari Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan, berupa 17 lampu penerangan tenaga surya. Tpai itu tidak bisa sepenuhnya digunakan, karena berbenturan dengan faktor keamanan,” jelasnya.

Karena itu pihaknya hanya memasang sebagian lampu di pintu-pintu masuk saja. Usman mengakui, pengelola sebelumnya pernah mencoba mengajukan kepada pemerintah untuk proses pembangunan musola di kawasan tersebut.

Hanya saja terbentur proses administrasi yang tidak begitu mereka pahami. Harapannya instansi yang menaungi pengelolaan TPU bisa membantu mereka untuk menunjukan prosedur pendirian musola ini.

“Kita sudah upayakan dari tahun 2015 lalu, tapi bingung izinnya kemana,” kata Usman lagi. TPU Sambau lanjutnya mengakomodasi Kecamatan Nongsa hingga beberapa wilayah di Kecamatan Batam Kota.(bbi)

Update