Jumat, 29 Maret 2024

Waspadai Peredaran Uang Palsu, Kepala BI Kepri Ajak Masyarakat Menukar Di Lokasi Resmi

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Provinsi Kepri, Fadjar Majardi mengajak masyarakat untuk berhati-hati ketika melakukan penukaran uang.

Pasalnya momen penukaran uang menjelang lebaran bisa saja menjadi salah satu celah hadirnya peredaran uang palsu di wilayah Kepri.

Fadjar mengingatkan agar masyarakat Kepri menukarkan uang mereka di tempat penukaran resmi yang disediakan Bank Indonesia (BI).

“Penukaran di luar itu di satu sisi bisa membantu distribusinya, tapi kita tidak bisa menjamin keasliannya,” kata Fadjar Kamis (23/5/2019) sore.

Dewa, warga Sekupang, menukarkan uang baru pecahan Rp 5 ribu. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang pada Ramadan dan Jelang Hari Raya Idulfitri tahun 2019, Kantor Perwakilan BI Provinsi Kepri mempersiapkan uang rupiah baru sebesar Rp4,532 triliun lebih. Foto: Yuli/batampos.co.id

Fadjar menjelaskan, bahwa telah menyiapkan lokasi penukaran uang yang bekerja sama dengan 11 bank, sehingga sebarannya bisa mudah dijangkau masyarakat.

Di Kota Batam sendiri, pelayanan penukaran uang untuk lebaran ini dilakukan selama 13 hari. Mulai tanggal 8 sampai 29 Mei 2019 ini. Untuk pelayanan penukaran pada Jumat (24/5) hari ini, dilaksanakan di Kecamatan Batuaji, tepatnya di kawasan Ruko Pemda 2, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Sementara untuk tiga hari terakhir yakni pada tanggal 25, 26, dan 29 Mei mendatang, penukaran akan dilaksanakan di Alun-alun Engku Putri selama dua hari pada Sabtu (25/5) dan Minggu (26/5). Sementara hari terakhir penukaran dilaksanakan di kawasan Pasar Botania 1, Batam centre.(bbi)

Update