Jumat, 29 Maret 2024

Beberapa Sekolah di Batam Kekurangan Guru

Berita Terkait

batampos.co.id – Saat ini beberapa sekolah di Batam masih kekurangan guru. Mesk­i demikian, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam tidak bis­a menarik kembali guru ya­ng sudah masuk dalam jabat­a­n struktural dan bertugas menyebar di kantor OPD.

Kepala Disdik Batam Hendri Arulan mengatakan, kekurangan guru di Batam tidak merata di semua sekolah. Tetapi hanya di beberapa sekola­h yang baru dibangun Pemko Batam.

“Memang kurang guru. Tapi kami tidak memiliki kewenangan untuk menarik mereka yang saat ini sudah memegang jabatan struktural dikembalikan ke jabatan fungsional,” kata Hendri, Sabtu (25/5).

Selain itu, perbedaan kurikulum dan sistem belajar mengajar saat ini sudah berbeda dengan beberapa tahun lalu. Apalagi mereka (guru yang bertugas di OPD) sudah lama meninggalkan dunia pendidikan tentu perlu penyesuaian kembali.

“Metode belajar sudah jauh berbeda dengan yang dulu. Apalagi mereka sudah lama tidak mengajar,” ujarnya.

Murid SDN 019 Perumahan Villa Mukakuning, Tembesi, Sagulung bersalaman dengan gurunya saat pertama masuk sekolah.. F Dalil Harahap/Batam Pos

Hendri menyebutkan, jumlah guru yang masuk ke jabatan struktural saat ini tidak terlalu banyak. Jadi, kalau pun harus ditarik kembali juga tidak efisien. Untuk mengatasi kekurangan guru, ia akan melakukan pemerataan guru dan membagi waktu guru untuk mengajar di dua sekolah sekaligus.

“Satu sekolah bahkan kelebihan guru. Ini yang akan kami petakan nantinya. Jadi yang kelebihan guru akan ditransfer kepada sekolah yang membutuhkan.”

Selain itu, sekolah yang masih menumpang dan menerima siswa baru, akan dibantu guru yang mengajar di sekolah tempat mereka menumpang. Guru juga bisa mengajar di dua sekolah asal tidak lewati batas maksimal.

“Kalau merekrut guru menunggu CPNS dibuka saja. Honorer kan tidak boleh ditambah lagi,” tutupnya. (yui)

Update