batampos.co.id – Jelang berakhirnya bulan Ramadan, warga Batam tengah disibukkan dengan persiapan mudik lebaran. Puncak arus mudik diperkirakan akan berlangsung mulai 28 Mei mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan mudik merupakan tradisi yang tidak lepas dari masyarakat Indonesian. Menurutnya pemudik harus menjaga kesehatan, terutama bagi yang menjalankan ibadah puasa.

“Mudik dalam keadaan berpuasa memang tidak mudah, apalagi mereka yang menggunakan angkutan laut. Sebab butuh waktu yang lebih lama dari maskapai udara,” kata dia, Jumat (24/5/2019).


Ia mengungkapkan ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh calon pemudik yang menggunakan angkutan laut. Pertama banyak mengkonsumsi air putih dan makan saat sahur. Biasanya mereka berangkat ke pelabuhan itu pagi hari. Untuk itu perhatikan makan dan minum sebelum berangkat.

“Setelah sahur tidak apa mengkonsumsi obat anti mual seperti Antimo. Karena di perjalanan ada ombak dan itu membuat kondisi tubuh dalam keadaan tidak baik. Jadi tetap bisa berpuasa walaupun dalam perjalanan mudik,” terangnya.

foto: batampos.co.id / dalil harahap

Kedua calon pemudik harus bisa memanfaatkan waktu beristirahat ketika berada di kapal. Karena berangkatnya usai sahur tentu membutuhkan waktu persiapan. Sehingga badan kurang istirahat, sehingga kondisi tubuh tetap sehat untuk melanjutkan puasa selama perjalanan.

“Yang penting kalau kondisi fit puasa tetap bisa lanjut. Namun kalau merasa kurang enak badan segerakan mengkonsumsi sesuatu,” ujarnya.

Selain itu, pemudik jangan lupa membawa makanan dan minuman untuk berbuka di kapal. Karena perjalanan yang ditempuh cukup panjang. “Bawa bekal dari rumah juga tidak masalah. Bawalah ketika di kursi penumpang. Jadi saat berbuka tidak harus buka koper dan lainnya. Ini memudahkan tentunya,” tambah Didi.

Untuk ibu yang membawa bayi, jangan lupa membawa perlengkapan untuk keamanan dan kenyamanan bayi saat mudik. Membawa selimut yang agak tebal untuk bayi, minyak kayu putih untuk berjaga-jaga.

“Jadi walaupun lama di jalan bayi tetap aman dan nyaman,” imbuh pria yang juga spesialis kandungan ini.

Ia berharap pemudik yang akan meninggalkan Batam bisa tiba dengan selamat di tempat tujuan. Bagi pemudik yang ingin tetap berpuasa bisa melanjutkan ibadah dengan tips seperti di atas.

“Kalau punya penyakit mag bisa bawa obat untuk antisipasi di kapan nantinya,” tutupnya. (yui)

Loading...