Menyambut hari raya Idul Fitri 1440 H, ATB ikut menyerahkan bantuan sosial kepada pelanggan. Penyerahan paket sembako dilakukan kepada warga Kampung Tua yang dekat dengan Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Jajaran Direksi bersama manajemen ATB ikut membagikan langsung paket sembako kepada warga. Secara serentak, paket sembako dibagikan di tiga titik lokasi, yakni Kelurahan Tanjung Piayu, Kelurahan Batu Besar, Kelurahan Tanjung Riau.

“Kami sadar ini tidak mencukupi, namun kami berharap bisa turut membantu menyambut Lebaran Idul Fitri,” ujar Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto saat penyerahan paket sembako untuk warga kelurahan Sei Beduk, Tanjung Piayu, Senin (27/5)

Pimpinan tertinggi di ATB tersebut menambahkan, ATB berusaha memberikan pelayanan air bersih yang lebih baik ke pelanggan. Salah satu upaya ATB adalah dengan melakukan pemasangan pipa baru dari Tanjung Piayu hingga ke Kampung Bagan.

“Jadi masih banyak memang yang belum beruntung sebagaimana pelanggan lainnya. Tapi percayalah bahwa bila ATB masih diberi kesempatan, kami selalu memberikan pelayanan yang lebih baik ke pelanggan,” tambah Benny.

Lurah Tanjung Piayu, Syamsul Rizal, memberikan apresiasi kepada ATB. Menurutnya, paket sembako dari ATB cukup membantu warga Sei Beduk dalam menyambut Lebaran Idul Fitri.

“Kami berterimakasih kepada manajemen ATB, kegiatan ini sangat membantu warga kami menyambut lebaran. Semoga paket yang diterima warga kami sangat bermanfaat dan ATB semakin sukses dan jaya selalu,”.

Sahut, warga RW 15 RT 3 Kelurahan Sei Beduk, menyampaikan terimakasih dengan adanya pemberian paket sembako oleh ATB. Sembako yang diterima sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Semoga kegiatan ini bisa terus berkelanjutan. Tidak hanya sembako, kami juga berharap ATB bisa mempermudah pemasangan air kepada pelanggan,” harap Sahut.

Lurah Tanjung Riau, Agus Sofyan, juga menyampaikan terimakasihnya kepada ATB atas bantuan Sembako yang diberikan kepada warganya. Dia berharap, bantuan ATB berikutnya bisa menyasar janda dan yatim piatu yang ada di Kelurahan tersebut.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada ATB atas santunan yang diberikan,” ujarnya.

Selain memberikan sembako, Direksi dan Manajemen ATB juga sempat berdialog dengan warga Tanjung Riau. Daerah ini merupakan salah satu wilayah yang terdampak program penggiliran air akibat menipisnya cadangan air baku Dam Sei Harapan.

Warga berharap penggiliran air bisa segera berakhir, terutama saat Lebaran tiba. Menurut Ramli, Ketua RW 01 Tanjung Riau, warga sudah bisa bernafas lega karena surat edaran ATB memberitahukan bahwa kondisi Dam Sei Harapan sudah mulai membaik.

“Surat edaran yang kami terima dari ATB, cukup melegakan karena sekarang sudah sering hujan. Mudah-mudahan cepat normal lagi,” lanjut Ramli.

Direktur Engineering ATB, Paul Bennet menyerahkan bantuan paket sembako di Kavling Panglong Kelurahan Batu Besar

Antusiasme juga ditunjukan oleh Warga Kelurahan Batu Besar, Nongsa. Warga sudah mulai berkumpul di ruang pertemuan kantor Lurah Batu Besar sebelum kegiatan dimulai. Sementara di sebelah pintu masuk ruang pertemuan, paket-paket sembako yang akan dibagikan tampak menumpuk siap diberikan kepada warga.

Salah seorang warga Batu Besar bernama Sri Rumiah (57) sudah hadir di kantor Lurah sejak pukul 8 pagi. Dia datang menumpang mobil bak terbuka milik tetangganya, kemudian berjalan sekitar 300 meter dari jalan besar menuju kantor Lurah. Kendati berpuasa, Sri tampak antusias akan menerima bantuan Sembako.

“Dirumah belum ada sirup buat Lebaran pak. Beraspun sudah nak habis. Kalau ada sirup dan beras, jadilah kami Lebaran” ujarnya sambil tertawa kecil.

Bersama Sri ada puluhan warga lain yang memadati ruang pertemuan. Sebagian besar adalah wanita yang telah berumur separuh baya, sebagian telah lanjut usia. Menurut Lurah Batu Besar, Badri, sebagian warga yang menerima bantuan bekerja sebagai nelayan.

Mereka hidup di pesisir-pesisir pantai, dan menggantungkan hidup dari hasil laut. Bantuan Sembako yang disalurkan ATB akan sangat membantu kehidupan mereka. “Saya mewakili warga berterimakasih karena ATB sudah bersedia membantu kami,” ujarnya .

Tahun ini ATB fokus membantu warga kurang mampu di daerah kampung tua yang berdekatan dengan IPA milik ATB.

ATB sendiri telah melayani warga Kampung Tua Batu Besar sejak tahun 2003. Saat ini sudah ada sekitar 1,800 sambungan yang dilayani ATB melalui IPA Nongsa. Sampai hari ini suplai air ke daerah tersebut masih terjaga dengan baik.

Selain memberikan sembako, ATB juga berkomitmen terus menjaga keandalan Sulai bagi warga. Dalam kesempatan tersebut, ATB menyerap “curhat” warga terkait suplai air. ATB mencatat secara spesifik keluhan warga, dan akan segera menyelesaikan keluhan-keluhan tersebut.

ATB Peduli Sosial Kemanusiaan merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ATB di bidang sosial berupa pembagian sembako dhuafa. Sembako berisikan minyak goreng, beras, gula, susu, teh, kopi, mie instan, hingga ikan kemasan.

Tahun 2019 ATB memberikan paket sembako sekitar 450 paket. Sejak dilaksanakan tahun 2011, ATB peduli Sosial Kemanusiaan sudah menyerahkan 4.020 paket sembako diberbagai lokasi. (Corporate Secretary)