Jumat, 19 April 2024

Kampung Tua Dijadikan Destinasi Wisata, Pemko Batam Siapkan Anggaran Rp 35 Miliar

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemko Batam terus melakukan pengembangan pariwisata Batam. Salah satunya yakni pengembangan kampung tua.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi, mengatakan, anggaran yang disiapkan pihaknya untuk pengembangan kampung tua cukup besar, yakni Rp 35 miliar.

“Ke depan kita inginkan kampung tua menjadi salah satu destinasi wisata yang mendongkrak pariwisata Batam, ” katanya.

Menurutnya, salah satu kawasan kampung tua yang sudah didatanginya dan cocok dijadikan destinasi wisata adalah Tanjungriau, Sekupang.

Warga melintas di tugu Kampungtua, Tanjungriau, Sekupang. Pemko Batam berencana mengembangkan kampung tua menjadi destinasi wisata untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Beberapa waktu lalu saya sudah ke sana,” jelasnya. Menurutnya, pengecekan langsung ke lokasi bertujuan untuk melihat kondisi kampung tua yang akan dikembangkan dan mempertanyakan langsung kesiapan masyarakat.

”Misal, siap tidak kami buka jalan. Supaya dibikin. Tergantung kondisi lapangan pengembangannya nanti,” kata dia. Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata, mengatakan pengembangan kampung Tua akan berdampak besar bagi pariwisata Kota Batam.

”Konsepnya pariwisata, jalan akan ditata, banyak event juga kan di sana, seperti pesta anak pantai. Kami harap dibangun sarana prasarananya, seperti panggung. Termasuk homestay-nya dikembangkan, mangrove akan dikemas sebagai eko wisata,” papar dia. (iza)

Update