Kamis, 25 April 2024

Hari Ini, Puncak Arus Mudik

Berita Terkait

batampos.co.id – Polsek Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Polresta Barelang memprediksikan puncak arus mudik terjadi Minggu (2/6). Dari data yang tercatatn sebanyak 3.782 orang akan berangkat menuju Belawan Medan dan 1.005 penumpang turun ke Batam.

Kapolsek KPPP AKP Syaiful Badawi mengatakan, kapal KM Kelud bersandar di pelabuhan Batuampar pada pukul 19.00 WIB dan berangkat ke Medan pada pukul 21.00 WIB. Untuk jumlah penumpang tersebut masih bisa bertambah dengan melihat tingginya animo masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman.

“Hari ini merupakan waktu yang tepat untuk mudik sebelum lebaran. Jadi penumpang hari ini bisa membludak hingga 4.000 penumpang,” kata Badawi.

Badawi menjelaskan, sebelumnya pada Jumat (31/5) lalu Pelni memberangkatkan sebanyak 3.765 orang penumpang. Sementara penumpang yang turun di Batam sebanyak 910 orang penumpang.

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

“Sesudah ini memang masih ada keberangkatan tanggal 4 besok. Tapi itu waktunya sudah mepet, dengan sampai di Belawan tanggal 5 yang sudah masuk lebaran,” tuturnya.

Dari hasil pengecekannya sejauh ini, Badawi menilai bahwa pelayanan di Pelabuhan Batuampar cukup baik. Mulai dari penumpang masuk ke dalam pelabuhan hingga mereka masuk ke dalam kapal. Dan yang tidak kalah penting, ia sangat menekankan kepada kapal untuk tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

“Kami selalu menjaga setiap penumpang yang hendak berangkat untuk menghindari adanya percaloan hingga penumpang liar yang akan masuk ke kapal,” tuturnya.

Ia berharap, kondisi keamanan dan ketertiban di Pelabuhan Batuampar bisa berlangsung hingga nanti setelah lebaran, saat arus balik ke Batam.

“Semuanya kita harapkan dapat mudik dengan lancar dan kembali lagi ke sini untuk bekerja dan beraktivitas seperti semula,” imbuhnya. (gie)

Update