Sabtu, 20 April 2024

Sore Ini Petugas Kemenag Pantau Hilal

Berita Terkait

batampos.co.id – Sore ini, petugas rukyat hilal Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam melakukan pemantauan hilal sebagai tanda jatuhnya 1 Syawal 1440 Hijriah atau hari pertama Lebaran Idulfitri di bukit dekat Tanjungpinggir, Sekupang, Senin (3/6/2019).

Kepala Seksi Bimas Islam, Budi Dermawan, mengatakan, sesuai dengan arahan Kementerian Agama, pihaknya bersama organisasi masyarakat (ormas) islam yang ada di Batam akan turun untuk memantau hilal masuknya 1 Syawal.

“Kami memantau dan memastikan ada tidaknya hilal terlihat, nanti hasilnya tetap dilaporkan ke pusat. Hingga saat ini belum ada kepastian 1 Syawal yang kami dapat,” kata Budi.

Melihat Hilal. Ilustrasi

Ia mengungkapkan, jika hasil pemantauan menangkap penampakan hilal berarti ada kemungkinan lebaran besok, Selasa (4/6/2019). Kata dia, dengan kondisi cuaca saat ini hilal dipastikan belum bisa terlihat. “Kami karena diperintahkan untuk turun, jadi kami akan pantau sore ini,” sebutnya.

Budi menambahkan berdasarkan informasi sementara yang diterima, Muhammadyah berencana akan melaksanakan salat Ied Rabu (5/6/2019) mendatang. Sementara untuk keseluruhan tetap harus menunggu hasil sidang isbat Kementerian Agama pusat.

“Sore nanti kan semua pada turun memantau. Hasilnya akan langsung dikirim ke pusat sebagai bahan pertimbangan nantinya,” imbuhnya.

Ia mengingatkan, masyarakat muslim Kota Batam untuk membayar zakat fitrah. “Meskipun belum ada ketentuan pasti, namun jika ada kesempatan bayarlah zakat lebih cepat,” ajaknya.(yui)

Update