Saat Lebaran ancaman kesehatan muncul tanpa disadari. Untuk mengantisipasi penyakit usai Lebaran, cobalah ramuan herbal. Yakni air rebusan daun kelor.

Rebusan kelor dibuat dari daun kelor yang mengandung banyak nilai gizi. Dilansir dari NDTV, Selasa (4/6/2019), ada tiga manfaat utama dari seduhan bubuk daun kelor untuk kesehatan.

Bubuk daun kelor. Minum air rebusan daun kelor dipercaya bisa mengontrol lemak hingga gula darah saat Lebaran. (Shutterstock)

1. Hilangkan Lemak

Kelor dikenal kaya sejumlah vitamin dan mineral esensial. Sehingga bisa membantu memobilisasi lemak visceral yang tersimpan. Teh daun kelor kaya antioksidan dan polifenol atau senyawa tanaman di dalamnya. Menurut buku ‘How To Lose Back Fat’ oleh Cynthia Trainer, teh kelor terbukti ampuh pada efek penurunan berat badan.

Sehingga tak perlu khawatir jika berat badan naik usai Lebaran. Daunnya rendah lemak dan padat nutrisi sehingga dapat dapat dengan mudah menurunkan berat badan.

2. Kontrol Tekanan Darah

Teh daun kelor bisa membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan quercetin di dalamnya dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, daun kelor juga dapat membantu pasien hipertensi agar bisa melawan peradangan, karena kemampuan anti-oksidatifnya.

3. Kontrol Gula Darah

Daun kelor juga dapat membantu orang yang menderita diabetes, karena mengandung asam klorogenat antioksidan. Kandungan itu juga ditemukan dalam kopi. Manfaatnya bisa menjaga kadar gula darah tetap terjaga.

Selain itu, juga kaya akan vitamin C, yang telah terbukti mengurangi gula darah dan tekanan darah pada pasien diabetes tipe-2. Meski begitu tetaplah membatasi jumlah camilan dan minuman manis selama Lebaran. Dan selalu konsultasikan kesehatan dengan dokter Anda.

Catatan: Sebelum mengosumsi resbusan daun kelor atau seduhan bubuknya, konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang rutin meminum obat tertentu.