Kamis, 25 April 2024

Polisi Mencatat Ada 410 Kecelakaan Lalu Lintas Selama Mudik Lebaran 2019

Berita Terkait

batampos.co.id -Sepanjang arus mudik Lebaran 2019, Korps Lalu Lintas (Korlantas) mencatat ada 410 kecelakaan di jalan raya.

Kakorlantas Polri Irjen Refi Andri, mengklaim, angka kecelakaan lalu lintas sepanjang arus mudik Lebaran 2019 sampai dengan hari H menurun drastis.

Menurutnya, dibanding tahun 2018 lalu, angka kecelakaan arus mudik mengalami penurunan sampai dengan 62 persen.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri saat mengecek kecelakaan lalu lintas.(Istimewa)

Hal itu disampaikan Irjen Refi Andri kepada wartawan di Pos Pam Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/6/2019).

“Ini data selama delapan hari kita Operasi Ketupat,” katanya seperti dikutip PojokSatu.id (Jawa Pos Group), Jumat (7/6/2019).

Dari data yang dimiliki pihaknya, selama delapan hari arus mudik 2019, total terjadi 410 kecelakaan lalu lintas. Sedangkan korbannya tercatat 97 orang meninggal dunia, 71 orang luka berat dan 456 orang lainnya mengalami luka ringan.

Sedangkan pada pelaksanaan arus mudik tahun lalu pada periode yang sama, tercatat kecelakaan lalu lintas mencapai 1.086 kejadian.

Dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 227 orang, 250 orang mengalami luka berat dan 1.393 orang luka ringan.

“Penurunan angka kecelakaan ini banyak faktornya. Infrastruktur lebih baik, rambu-rambu jalan, marka dan fasilitas lainnya,” kata Refdi.

Untuk korban meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas selama arus mudik, dibanding tahun lalu, sambungnya, mengalami penurunan hingga 57 persen.

Hal yang sama, lanjut Refdi, juga terjadi pada jumlah korban luka berat menurun 72 persen dan korban luka ringan menurun 67 persen.

Salah satu alasan utama penurunan angka kecelakaan pada arus mudik 2019 itu adalah, meningkatnya kesadaran masyarakat serta kesiapan infrastruktur.

“Kesadaan (masyarakat) berlalunlintas meningkat. Dan pengemudinya berkeselamatan, bukan pengemudi agresif,” kata Refdi.(jpc)

Update