batampos.co.id – Sebanyak 93 wisatawan mancanegara menikmati keindahan pantai yang ada di Kota Batam. Seluruh wisawatan asing tersebut dibawa Kapal Star Clipper berbendera Malta pada Jumat (7/5) pagi atau pada H+2 Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, kapal yang dinakhodai Sergey Tunikov asal Rusia itu bertolak dari Melaka, Malaysia dan akan melanjutkan perjalanan ke Singapura dan Penang, Jumat sore.

Kapal Cruise Star Clipper berbendera Malta sandar di Perairan Pulau Putri dan menurunkan 93 wisatawan ke Batam, Jumat (7/6) pagi. Foto: Disparbud Kota Batam untuk batampos.co.id

“Kapal cruise berbentuk unik ini melakukan immigration clearance via onboard melalui CIQP Nongsapura International Ferry Terminal. Prosedur serupa, dilakukan saat hendak exit menuju Singapura,” ujarnya.

Bagi Ardi, berlabuhnya Star Clipper bagi Batam, menorehkan sejarah baru. Sebab, itu menjadi yang pertama sejak hampir satu dekade belakangan. Terakhir kata dia, Kota Batam disandari kapal cruise pada tahun 2010 lalu.

“Kita berharap ini menjadi stimulus kapal-kapal cruise lain juga berlabuh ke Batam,” ujarnya. Dengan begitu, akan menjadi salah satu pintu masuk wisman ke Kota Batam dan menyumbang angka kunjungan wisatawan ke daerah ini.

“Yang pasti akan kita siapkan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk meraup kunjungan wisman dari sektor ini,” kata Ardi.(une)