Kamis, 25 April 2024

Kedatangan di Pelabuhan Domestik Sekupang Mencapai 12 Ribu Orang Lebih

Berita Terkait

batampos.co.id – Hari ini diperkirakan puncak arus balik mulai terjadi di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS). Ribuan warga akan kembali ke Batam seiring habisnya waktu cuti bersama dan diprediksi jumlah pendatang mencapai 12 ribu orang lebih.

Kepala Pos Syahbandar PDS, Parsaoran Samosir mengatakan arus balik sudah mulai berlangsung sejak, Sabtu (7/6). Warga yang akan segera kembali bekerja kembali ke Batam setelah menghabiskan liburan di pulau terdekat seperti Tanjungbalai Karimun.

“Puncaknya besok (hari ini, red), diperkirakan arus kedatangan akan berlangsung sejak pagi hingga kapal terakhir atau pukul 17.00 WIB,” kata dia usai dijumpai di PDS.

Masyarakat Kota Batam memadati Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) pada H+2 Lebaran, Kamis (6/6/2019). Rata-rata mereka hendak melakukan mudik antar pulau di Provinsi Kepri. Foto: Yulitavia/batampos.co.id

Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Operator kapal berkesempatan mengangkut penumpang tiga kali dalam satu hari. “Jadi mereka nanti bolak-balik untuk bawa penumpang. Mereka yang liburan ke Batam bearti balik ke daerah asal itu juga arus balik. Begitu juga sebaliknya mereka yang liburan di luar Batam juga mulai kembali,” terangnya.

Ia memperkirakan ribuan penumpang akan datang dan pergi melalui PDS. Ia berharap cuaca cukup mendukung sehingga arus kedatangan dan keberangkatan berjalan dengan lancar. “Kami selalu komunikasi dengan petugas Syahbandar tujuan dan yang akan menuju ke Batam. Kalau cuaca aman jalan, kalau tidak bearti ditunda keberangkatannya,” sebutnya.

Untuk arus kedatangan, menurut Parsaoran persiapan tidak seperti arus keberangkatan. Hal ini karena penumpang turun langsung menuju pintu keluar pelabuhan. Berbeda dengan yang berangkat, penumpang menunggu di ruang tunggu untuk diberangkatkan, jadi persiapannya lebih diperhatikan.

“Mereka datang kan langsung pulang, tidak ada aktivitas di pelabuhan. Mudah-mudahan lancar baik yang berangkat maupun yang datang besok,” ujarnya.

Berdasarkan data manifest penumpang, jumlah penumpang yang meninggalkan Batam H-7 berjumlah 40.605 penumpang. Sedangkan untuk yang kedatangan 12.574 penumpang.

Sementara itu Humas Dumai Line Batam, Asmadi mengatakan untuk persiapan arus balik, pihaknya sudah menyiapkan armada untuk mengangkut penumpang menuju Batam. Ia menyebutkan untuk keberangkatan dari Dumai ada tujuh armada yang disiapkan, sedangkan untuk Buton ada dua dan Selatpanjang ada satu unit armada.

“Beberapa armada dialihkan untuk mengangkut penumpang dari tiga daerah tersebut. Sedangkan untuk antar pulau bisa diangkut armada lain seperti Mikonatalia dan lainnya. Besok mungkin pukul 09.30 WIB sudah mulai arus balik,” kata dia.

Ribuan pemudik diperkirakan akan kembali ke Batam. Mengingat cuaca yang kurang baik, pihaknya sudah menyiapkan alat keselamatan untuk penumpang serta koordinasi dengan kapten kapal. “Semuanya sudah siap. Kami berharap tidak ada kendala yang menyebabkan kapal tertunda keberangkatannya. Mudah-mudahan aman dan lancar, sehingga penumpang tiba di Batam dengan selamat,” tambahnya.

Update