Kamis, 25 April 2024

Sampah Perumahan Mulai Diangkut

Berita Terkait

batampos.co.id – Sampah di be­berapa perumahan di Batam ak­hirnya diangkut petugas Di­nas Kebersihan, Sabtu (8/6). Rea­ksi cepat dari petugas ini tid­ak mengakibatkan penum­pu­kan sampah di perumahan warga.

”Ada perubahan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya, sampah cepat diangkut. Biasanya kalau Lebaran gini, bisa berminggu-minggu menumpuk,” kata salah satu warga Perumahan Cendana Batam Center, Ayu.

Ia mengaku senang karena pemerintah langsung tanggap untuk membersihkan lingkungan mereka.

”Kami sudah mulai khawatir juga sampah numpuk lagi, soalnya tahun ini banyak warga yang tidak mudik. Tapi syukurlah tidak ada masalah soal sampah,” ungkapnya.

Di kawasan Ruko Palm Regency, Jalan Laksamana Bintan juga tidak sempat terjadi penumpukan sampah.

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

”Senang, gak menumpuk (sampah). Kalau saya biasanya biar gak menumpuk langsung buang sendiri ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di pasar basah. Tapi sekarang tidak perlu lagi, sangat berterima kasih sama petugas kebersihan Batam,” ucap Budi, pemilik salah satu ruko di kawasan tersebut, Budi.

Tidak hanya di perumahan dan ruko, area TPS yang tersedia di pasar basah juga tak dibiarkan menumpuk.

”Tiap pagi sudah diangkut. Kadang subuh sudah datang,” ucap pedagang di Pasar Botania 2, Anto.

Dengan langkah pembenahan untuk menjaga kebersihan lingkungan itu, diharapkan warga juga ikut bekerja sama untuk membuang sampah pada tempatnya.

”Terkadang masih ada juga yang tidak peduli dengan asal lempar kantong-kantong berisi sampah di luar TPS. Itu juga beresiko untuk lingkungan,” ungkap Anto yang juga dibenarkan pembelinya dari warga KDA, Fatma. (nji)

Update