Kamis, 25 April 2024

Pelayanan SIM Kembali Buka Hari Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di Polresta Barelang maupun gerai perpanjangan SIM yang melayani penerbitan dan perpanjangan SIM kembali dibuka hari ini, Senin (10/6).

”Bagi masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM A dan C, dapat langsung mendatangi petugas kami yang berada di gerai SIM maupun di Polresta Barelang,” kata Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol I Putu Bayu Pati, kemarin.

Sementara, untuk yang memiliki SIM yang jatuh temponya atau mati pada tanggal libur Lebaran kemarin, masih diberikan dispensasi mulai hari ini hingga 18 Juni 2019. Dimana, untuk perpanjangan SIM yang jatuh tempo selama cuti bersama dapat diperpanjang di SIM Corner yang ada di BCS Mall, Mega Mall maupun di Polresta Barealng.

”Jadi kami meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan waktunya. Karena jika sudah lewat masa berlakunya, harus buat baru lagi dengan mengikuti prosedur seperti awal,” tuturnya.

ilustrasi
foto: batampos.co.id / hasanul safri

Dijelaskannya, hal itu mengacu pada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 yang tertuang pada pasal 28 ayat (2) dan ayat (3), tentang Perpanjangan SIM. Dijelaskan, bila SIM yang telah lewat masa berlakunya, walau pun satu hari tidak dapat diperpanjang, dan harus membuat SIM baru.

”Perkap itu diperkuat dengan Surat Telegram Kapolri, ST/985/IV/2016, pada 20 April 2016 huruf BBB poin tiga. Jadi, yang telah lewat masa berlakunya satu hari saja sudah tidak dapat diperpanjang kembali,” bebernya.

Ia menambahkan, masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM di tiga tempat yang telah ditentukan. Di antaranya, di Mega Mall Batam Center, Mal Pelayanan Publik (MPP) serta di BCS Mall. Untuk perpanjangan SIM, masyarakat cukup membawa SIM lama, bawa surat keterangan kesehatan dan membayar PNBP di bank.

”Setelah semua lengkap, kemudian dilanjutkan foto lagi. Saya tegaskan kembali, untuk perpanjangan SIM hanya butuh waktu lima menit. Silahkan buktikan sendiri,” imbuhnya. (gie)

Update