batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Batam rencananya akan mulai mengambil alih pengelolaan Tempat Pemakaman Umum (TPU) mulai tahun 2019 ini. Pengelolaan TPU yang selama ini dilakukan oleh yayasan, nantinya akan dipegang oleh Pemkot Batam melalui Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertamanan (Perkimtam).

Area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sei Temiang Kota Batam. Foto: Bobi/batampos.co.id

1. Mengatasi Persoalan Biaya

Kepala Disperkimtam Kota Batam, Eryudi, kepada batampos.co.id, Selasa (11/6/2019) sore, menuturkan, ada beberapa hal yang menjadi dasar bagi Pemkot Batam untuk mengambil alih pengelolaan TPU, salah satunya untuk mengatasi persoalan biaya yang saat ini banyak dikeluhkan masyarakat.

2. Biaya Pemakaman Mencapai Rp 1,350 Juta

Saat ini Disperkimtam mendapatkan informasi jika biaya makam termurah ada di TPU Sambau di Kecamatan Nongsa sebesar Rp 800 ribu untuk orang dewasa dan Rp 350 ribu untuk anak-anak.

Sementara di TPU Sei Temiang, biaya pemakaman berada di angka Rp 1.350 ribu untuk dewasa dan Rp 450 ribu untuk anak-anak. Sedangkan di TPU Taman Langgeng, Sungai Panas, biaya makam untuk dewasa sebesar Rp 1,3 juta dan untuk anak-anak sebesar Rp 500 ribu.

Kadis Perkimtam, Eryudi, berharap nantinya biaya yang tidak seragam dan sedikit memberatkan tidak ada lagi.

3. Meluruskan Pengelolaan

Hal lain yang menjadi alasan Pemko Batam ingin mengelola TPU adalah untuk meluruskan pengelolaan pemakaman agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kadis Perkimtam, Eryudi tidak menjelaskan secara detil apa saja hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dimaksudkannya.

Hanya saja, dengan pengelolaan di bawah Pemko Batam melalui Disperkimtam, aturan yang sebelumnya tidak sesuai akan bisa disesuaikan, melalui mekanisme yang memang telah disusun sebelumnya.

Kata Eryudi, pihkanya terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak yayasan sebagai pengelola TPU dan Badan Pengusahaan (BP) Batam selaku pemilik lahan. Saat ini pihaknya sedang membahas bentuk pengelolaan dan format TPU. Sehingga nantinya pengelolaan TPU akan dilakukan Pemko Batam.(bbi)

baca juga:

Pemko Batam Belum Bisa Membantu Fasilitas Tempat Pemakaman Umum, Ini Alasannya…..

Lagi, Pemko Batam Minta Hibah Tempat Pemakaman Umum ke BP Batam