batampos.co.id – Provinsi Bali merupakan daerah pertama di Indonesia yang seluruh bidang tanahnya akan bersertifikat pada tahun 2019. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Kilobar, Kabupaten Bangli, Jumat (14/6/2019).

“Patut bersyukur, khusus untuk Provinsi Bali nanti yang pertama semua sertifikat selesai tahun ini. Tadi Pak Menteri Agraria menyampaikan, Bali adalah provinsi pertama yang semuanya sudah pegang sertifikat,” kata Jokowi, usai menyerahkan 3.000 sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat dari sejumlah wilayah di Provinsi Bali.

Presiden RI Joko Widodo. Foto: Jawapos.com

Namun katanya, di seluruh wilayah Indonesia masih terdapat puluhan juta bidang tanah yang masih belum bersertifikat. Padahal, sertifikat merupakan bukti hukum atas kepemilikan tanah atau lahan.


Guna mempercepat penerbitan sertifikat tersebut, sejak tahun 2015 pemerintah telah meluncurkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang mempermudah rakyat untuk mendapatkan sertifikat atas tanah yang mereka miliki.

Dengan program tersebut, penerbitan sertifikat dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya dapat terealisasi. “Kita perkirakan tahun 2025 itu seluruh sertifikat sudah bisa diberikan kepada masyarakat,” katanya.(fat/jpnn)

Loading...