batampos.co.id – Waspadai penularan virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV), Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengimbau jemaah haji Indonesia untuk tidak mendekati unta.

Pasalnya, warga Indonesia yang melakukan ibadah haji rentan terserang virus yang ditularkan dari unta.

Menkes mengaku sudah berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk melakukan antisipasi penularan virus MERS-CoV.


Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek. Foto: JawaPos.com

“Kamis sudah bicara dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi dan mereka mengerti, hal itu (virus MERS-CoV) tidak akan menyebar ke negara lain. Jadi selama nanti pelaksanaan haji mereka akan memperhatikannya,” katanya, Jumat (14/6/2019).

Menurutnya, selain melakukan komunikasi dengan Kemenkes Arab Saudi, Nila juga mengimbau kepada jemaah haji agar tidak dekat dengan unta.

“Saya minta jangan dekat-dekat unta, enggak usah foto sama unta. Ini untuk mengantisipasi penularan virus MERS-CoV dari unta ke jemaah Indonesia,” ujarnya.

Karena ketika virus tersebut menular ke jemaah Indonesia kata dia, akan terbawa pulang ke Tanah Air setelah melaksanakan ibadah haji.

Selain itu lanjutnya, belum ada vaksin untuk virus MERS-CoV. Menteri Nila mengatakan selain pembuatan vaksin yang tidak gampang, virus MERS-CoV cepat berubah-ubah.

“Virus ini (MERS-CoV-red) enggak gampang bikin vaksinnya, karena virus itu cepat berubah, percuma kita bikin vaksin tahu-tahu sudah berubah,” pungkasnya.(esy/jpnn)

Loading...