batampos.co.id – Mahalnya harga tiket penerbangan domestik menjadi faktor utama menurunya jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) ke Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar, mengatakan, penurunan kunjungan wisman ke daerah tersebut mencapai 30 persen.

“30 persen itu merupakan penurunan dari Januari-April 2019 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu,” kata Buralimar, Kamis (13/6/2019).


Sejumlah wisawatan nusanatara berswafoto dengan latar belakang jembatan Barelang saat menikmati liburan. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Kata dia, penurunan jumlah wisnus berpengaruh pada omset pendapatan dari bisnis oleh-oleh dan perhotelan. Dari data yang dimiliknya, omset bisnis hotel turun 30 persen sedangkan hunian hotel turun 20 persen.

Baca Juga: 93 Wisawatan Mancanegara Ikut Lebaran di Kota Batam

“Begitu juga dengan tingkat bookingan travel mengalami penurunan. Bahkan ada yang membatalkan pesanan,” tuturnya.

Meskipun begitu, kondisi ini belum berpengaruh pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik, angka kunjungan wisman ke Kepri pada April yakni 236.124 atau naik 21,64 persen dari April 2018.

Secara keseluruhan, jumlah kunjungan wisman pada Januari-April 2019 mencapai 916.520 kunjungan atau naik 15,80 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu dengan jumlah kunjungan 791.225 kunjungan.(leo)

Loading...