Selasa, 16 April 2024

Agustus, Penataan Kampung Tua Kota Batam Dimulai 

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Disperkimtan) Kota Batam akan segera memulai penataan kampung tua Tanjungriau, Sekupang.

Kepala Disperkimtan, Eryudhi, mengatakan Detail Egineering Disign (DED) Kampungtua tersebut sudah hampir selesai.

“Mungkin dalam waktu dekat ini sudah lelang dan segera dikerjakan,” kata dia. Penataan lanjutnya dimulai dari pembangunan jalan lingkar terlebih dahulu.

Tujuannya unntuk membatasi pembangunan rumah panggung ke arah laut. Selain itu penataan jalan juga dilakukan agar mudah diakses oleh wisatawan.

Warga melintas di tugu Kampungtua, Tanjungriau, Sekupang, Kota Batam. Agustus mendatang Pemko Batam berencana untuk menata kampun tua tersebut. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Menurutnya, pemerintah pusat menggelontorkan dana yang cukup besar untuk penataan kampung tua. “Sesuai informasi yang diterima total anggaran mencapai Rp 35 miliar,” jelasnya. Penataan meliputi jalan di lingkungan kampung tua  Tanjungriau, jembatan lingkar dan beberapa aspek lainnya.

Eryudhi menambahkan penataan kawasan itu bisa membuat perekonomian warga sekitar meningkat. “Kalau wisatawan sudah masuk tentu ada peluang untuk warga mendapatkan penghasilan,” paparnya.

Kata dia, saat ini Tanjungriau sudah terkenal dengan kelezatan kulinernya. “Jadi pengembangan kampung tua ini bisa jadi peluang untuk mereka (masyarkat Kampung Tua Tanjungriau),” sebutnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Batam itu mengatakan, pengerjaan paling lambat dimulai Agustus mendatang. Ia berharap tidak ada kendala dalam penataan kampung tua tersebut. “Ini satu proyek unggulan yang kami usulkan tahun lalu,” imbuhnya.

Kata dia, sesuai dengan arahan pimpinan, pihaknya berusaha menata kampung tua yang ada di Kota Batam menjadi lokasi tujuan wisata. Peningkatan infrastruktur dilakukan secara bertahap.

“Setiap tahun kami selalu ajukan anggaran untuk penataan ini. Setelah Tanjungriau nanti dilanjutkan kampung tua lainnya,” pungkasny.(yui)

Update