batampos.co.id – Kabar bahagia bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Singapura. Mereka akan mendapatkan mid-year bonus atau bonus setengah tahunan sebesar 0,45 persen dari gaji bulanan mereka. Tak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan tambahan bonus setidaknya senilai 200 dolar Singapura. Hal ini diungkapkan Divisi Layanan Publik (PSD) Pemerintahan Singapura, Kamis (13/6) lalu.

PSD menyebutkan, untuk golongan rendah seperti golongan IV dan V dalam skema dukungan operasi dan kinerja (OSS), para PNS di lingkungan itu akan mendapatkan upah dengan hitungan lump sum (pembulatan) yang lebih tinggi dari 300 dolar. ”Sekitar 1.400 PNS akan mendapat manfaat dari pembayaran bonus ini,” ungkap PSD seperti dilansir dari Channel News Asia, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, seterusnya untuk PNS golongan kelas V OSS, mereka juga akan mendapatkan kenaikan upah bawaan hingga 50 dolar per sekali kenaikan. Nilai tersebut diluar dari kenaikan gaji tahunan mereka.

Kebijakan ini, menurut PSD, merupakan hasil dari rekomendasi Dewan Upah Nasional Singapura yang diputuskan melalui rapat terpadu dengan Serikat Pekerja Sektor Publik negeri Singa tersebut.

”Pembayaran tersebut menandakan komitmen berkelanjutan Pemerintah untuk mendukung pegawai negeri berupah rendah,” kata PSD.

ilustrasi

Seperti diketahui, pemberian bonus oleh negara ini merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan ekonomi Singapura di 2019 ini. Ekonomi negeri ini tumbuh sebesar 1,2 persen pada kuartal pertama tahun ini, dan diperkirakan akan terus meningkat sampai 1,5 persen hingga 2,5 persen di akhir tahun nanti sesuai dengan target pencapaian 2019 ini.

Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja Publik Singapura (AUPE), Sanjeev Kumar Tiwari menyebutkan, kebijakan pemerintah memberikan bonus kepada PNS ini merupakan pilihan yang tepat. ”Sangat masuk akal mereka mengeluarkan mid-year bonus ini, mengingat pemenuhan ekonomi yang tak menentu di tengah suasana sulit seperti saat ini,” ujar Sanjeev.

Menurutnya, pemberian bonus ini bisa mendorong para PNS semakin giat bekerja, mengejar prestasi untuk kemajuan pribadi dan negara.

Pembayaran bonus ini akan dilaksanakan pada Juli mendatang.

”Pemerintah akan memutuskan pembayaran AVC akhir tahun untuk pegawai negeri setelah mempertimbangkan kinerja ekonomi Singapura pada awal semester kedua 2019,” kata PSD. (cha)

Loading...