batampos.co.id – Dinas Pen­didikan (Disdik) Batam akan mulai membuka pen­dafta­ran ulang bagi siswa ya­ng sudah lolos seleksi pene­rimaan peserta didik baru (PPDB), Senin (17/6) besok. Ren­cananya, pendaftaran ulang ini akan digelar selama empat hari. Panitia PPDB SMPN 3 Batam, Siti Rahmi, mengatakan sebanyak 398 siswa yang sudah dinyatakan lolos harus melakukan pendaftaran ulang sebelum mulai tahun ajaran baru 15 Juli.

“Mereka bawa bukti penerimaan waktu PPDB kemarin, foto, dan surat tanda lulus mengaji atau tamat alkitab,” kata perempuan yang akrab disapa Ami ini, Sabtu (15/6).

Pendaftaran hari pertama dibuka untuk orang tua yang memegang nomor antrean dari 1-100 dan diteruskan di hari selanjutnya. Ia mengungkapkan daftar ulang bisa selesai dalam waktu empat hari.

Orang tua calon siswa mendaftarkan anaknya dalam seleksi PPDB di SDN 010 Batam Kota, Rabu (15/5). Foto: Cecep Mulyana/batam pos.co.id

“Kalau melihat jumlahnya empat hari cukuplah untuk mendaftar ulang ini. Kami hanya mendata saja. Prosesnya cepat tidak seperti saat PPDB,” sebutnya.

Disinggung mengenai tambahan siswa dari 36 menjadi 40 per kelas, Ami menyebutkan itu sesuai dengan hasil rapat Wali Kota Batam bersama orangtua yang dilakukan di SMPN 3 Batam, Jumat (14/6).

“Karena buka 11 kelas jadi total ada 44 siswa yang akan diterima pasca PPDB. Total keseluruhan untuk Sekupang itu ada 368 siswa yang tidak diterima,” terangnya.

Saat ini pihaknya tengah mendata ulang siswa yang lokasinya terdekat dari sekolah. Nanti hasilnya akan diserahkan kepada kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan di sekolah.

“Kami panita mengambil data saja. Finalisasi tetap dari Kepala Sekolah. Jadi masing-masing kelas ada tambahan empat siswa,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan, mengatakan penyelesaian siswa yang tidak tertampung secara bertahap mulai terselesaikan.

“Intinya ka­mi berusaha memberikan so­lusi kepada ribuan siswa yang tidak tertampung ini. Se­nin nanti semua yang su­dah lol­os seleksi daftar ulang dulu­­. Sedangkan yang lainnya menu­nggu dulu hingga selesa­i pe­­metaan siswa yang tidak ter­­tampung ini,” terangnya.(yui)