batampos.co.id – Desakan agar pelabuhan peti kemas Batuampar dipeluas dan dibenahi fasilitasnya sudah lama muncul, namun hingga saat ini upaya itu belum terlihat. Bahkan beberapa hari lalu, area bongkar muat pelabuhan ini ambles, sehingga ruang bongkar muat menjadi berkurang, meski tak menggangu total aktivitas di sana.

Kini desakan datang dari Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri, Fadjar Madjardi. Ia menilai revitalisasi merupakan poin penting dalam pembenahan pelabuhan. Pokok utamanya adalah bagaimana menambah kapasitas pelabuhan.



“Selain itu harus dipikirkan bagaimana memperbesar produksi ekspor. Karena nanti kalau pelabuhan bisa dirapati kapal besar, tapi tidak ada muatan, kapal besar tidak akan mau singgah,” katanya Sabtu (15/6).

Menurut Fadjar, barang-barang ekspor menyumbang 94,57 persen dari produk domestik regional bruto (PDRB) Kepri. Dan saat ini ekspor Kepri tengah melambat karena imbas dari perang dagang Amerika dan Tiongkok.

“Proyeksi perlambatan volume perdagangan dunia serta perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia berdampak pada penurunan permintaan akan produk ekspor Kepri,” jelasnya.

Fadjar menegaskan, mau tidak mau, pelebaran pelabuhan dan peningkatan ekspor harus dilakukan secara paralel, karena keduanya saling melengkapi. Juga harus ada upaya tarif logistik yang mahal agar kapasitas ekspor melalui pelabuhan ini semakin meningkat.

Menanggapi desakan itu, kepala BP Batam, Edi Putra Irawadi mengatakan revitalisasi pelabuhan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Bagian yang ambles akan segera diperbaiki, apalagi menjadi bagian dari rencana revitaslisasi.

“Pelabuhan dan infrastruktur lain termasuk jalan, jembatan, listrik, air, telekomunikasi merupakan ekosistem investasi,” jelasnya.

Batam akan menjadi simpul logistik atau hub logistik di kawasan Asia Tenggara dengan mengintegrasikan perdagangan nasional yang terkoneksi dengan pasar internasional.

“Sehingga pelabuhan Batuampar, Kabil, Sekupang, dan Bandara Hang Nadim menjadi prioritas aksi pembangunan Batam,” katanya. (leo)

Loading...