batampos.co.id – Sudah dua minggu sampah rumah tangga menumpuk dan membusuk di depan rumah warga di perumahan Rhabayu Regency Marina, kelurahan Tanjungriau, Sekupang.

Selain mengeluarkan aroma tidak sedap, warga khawatir diserang berbagai penyakit yang bersumber dari tumpukan sampah tersebut.

Tidak ingin menjadi sarang penyakit, warga bergotong royong untuk membersihkan lingkungan mereka. Minggu (16/6/2019) pagi, warga mengumpulkan sampah yang ada di depan rumah mereka dan dibawa ke lapangan fasilitas umum (Fasum) perubahan tersebut.

Sampah hampir seluruh ruas jalan perumana. Melihat tumpukan sampah yang sangat banyak, perangkat RT/RW setempat menghubungi Lurah Tanjungriau Agus Sofyan, agar sampah mereka bisa diangkut.

Warga Perumahan Rhabayu Regency Marina bersama Lurah Tanjungriau Agus Sofyan, mengangkut sampah ke dalam truk Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam untuk dibaw ke tempat pembuangan akhir (TPA). Foto: Eja/batampos.co.id

Akhirnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam mengangkutkan sampah tersebut. Alhasil siang kemarin semua sampah diangkut oleh dua armada pengangkut sampah.

“Alhamdulilah kawan-kawan dari DKP bersedia angkut hari ini. Hampir semua tempat begini makanya besok dan seterusnya diusahakan rutin angkut sehingga beres masalah sampah ini,” ujar Agus.

Sementara ketua RW 19 perumahan Rhabayu Regency Aswandi, mengatakan, tumpukan sampah itu sudah terjadi hampir dua pekan.

Dia berharap agar kedepannya sampah rutin diangkut sehingga tidak menumpuk seperti itu lagi. “Takut terserang penyakit warga. Makanya tadi kami minta bantuan pak Lurah buat angkat sampah ini,” ujarnya.(eja)