batampos.co.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menghidupkan Batam Great Sale. Program itu diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Kota Batam.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, program Batam Great Sale ialah pesta diskon di pusat-pusat perbelanjaan.

Seperti mal, hotel, restoran, dan resort, di Kota Batam dan akan digelar selama satu bulan. Mulai 1 Agustus 2019 mendatang.

”Event itu akan digelar Agustus, seiring HUT Kemerdekaan RI,” paparnya.

“Diharapkan (Batam Great Sale, red) dapat menarik wisman (wisatawan mancanegara, red), terutama dari Malaysia dan Singapura,” kata dia, Senin (17/6/2019).

Turis Singapura berswafoto saat tiba di Pelabuhan Internasional Sekupang, Kota Batam, beberapa waktu lalu. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Menurutnya untuk memuluskan rencana itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kata dia, salah satu program Kemenpar dapat disertakan di program ini, yakni program hot deals.

”Digelar sebulan penuh. Kami harap ada peningkatan kunjungan dibanding hari biasa,” tuturnya.

Ardi berharap, mal, hotel, resort, dan restoran yang ada di Kota Batam dapat mengikuti program pesta diskon ini. Untuk itu, pihaknya akan melakukan rapat persiapan dengan para pelaku usaha di Batam agar program tersebut bisa berjalan maksimal.

”Kita targetkan semua tempat pusat perbelanjaan, hotel, dan restoran ikut. Jadi menyediakan diskon-diskon untuk wisman yang akan berbelanja,” harapnya.

Ia menambahkan, tahun ini great sale akan lebih menarik karena dirinci dengan hot deals dari Kemenpar. Program hot deals ini diawali tahun 2017 lalu dengan 500 ribu paket dan 2018 dengan 750 ribu tiket diskon.

”Tahun ini naik lagi menjadi satu juta paket. Program ini khusus untuk wisman. Pemerintah pusat mensubsidi perjalanan. Ini salah satu program cross border,” sebutnya.(iza)