batampos.co.id – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang mengaman­kan seorang pelaku pembobolan rumah warga saat malam takbiran lalu di Jalan Muara Takus Melcem, Batuampar.

Belakangan pelaku diketahui bernama Wawan Septiansyah. Laki-laki 23 tahun itu diamankan Unit Opsnal Polresta Barelang, Minggu (16/6/2019) di kawasan Batuampar.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, mengatakan, kejadian bermula saat korban tengah tertidur di dalam kamarnya.

Saat itu pelaku masuk ke rumah korban dengan merusak jendela dengan cara dicongkel dengan linggis.

”Waktu pelaku ini masuk ke rumah, korban tak sadar karena tidur pulas,” jelasnya.

Ilustrasi pembobolan. JawaPos.com

Saat berada di dalam rumah pelaku mengambil telepon genggam, uang, dan barang berharga yang berada di samping korban.

Menurut Andri, korban baru mengetahui kejadian itu pada Rabu (5/6/2019) pagi dan langsung membuat laporan ke Mapolresta Barelang.

“Dari laporan itu, kita melakukan penyelidikan dan mendatangi lokasi kejadian untuk mengumpulkan alat bukti dan keterangan saksi-saksi,” paparnya.

Saat dilakukan penyelidikan, Satreskrim Polresta Barelang mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai keberadaan pelaku. Dari informasi itu, Unit Opsnal Polresta Barelang melakukan penelusuran.

”Ternyata benar pelaku pencurian sedang berada di kos-kosannya. Kemudian kita lakukan penangkapan,” bebernya.

Namun, saat dilakukan penangkapan, pelaku melakukan perlawanan dengan menyerang anggota kepolisian. Tembakan peringatan langsung dimuntah sebanyak tiga kali untuk memberikan peringatan kepada pelaku.

Tetapi kata Andri, pelaku tetap melakukan perlawanan dan melarikan diri. Sehingga timnya mengambil tindakan tegas dengan menembuskan timah panas ke kaki pelaku.

”Saat ini, tersangka sudah kita amankan ke Polresta Barelang. Namun belum bisa kita mintai keterangan karena kondisinya belum stabil. Nanti akan kita terangkan kembali jika sudah dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.(gie)