batampos.co.id – Ribuan pencari kerja (pencaker) “tumpah” di Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo, Senin (17/6/2019). Sayangnya jumlah pencaker tidak sebanding dengan jumlah lowongan yang ada.

Informasi yang didapatkan batampos.co.id, ada tiga perusahaan di Batamindo yang membuka kesempatan bekerja untuk posisi teknisi dan operator.

Tampak ratusan pencaker antre melewati alat ukur tinggi badan sebelum menyerahkan berkas lamaran mereka.

Perusahaan pertama yang membuka lowongan adalah PT Patlite dan PT Volex. Kedua perusahaan itu membutuhkan tenaga operator dan teknisi molding.

Ribuan pelamar menyemuti Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo. Mereka berharap industri di kawasan tersebut terus membuka lowongan pekerjaan. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id 

Persyaratannya memiliki tinggi badan minimal 155 sentimeter untuk perempuan dan 165 sentimeter untuk laki-laki.

Baca Juga: Disnaker Kota Batam Butuh 150 Orang untuk Dikirim ke Jepang

Tidak hanya itu, pencaker juga harus memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun di bidangnya.

”Sudah antre menunggu dari pagi berdesak-desakan, tapi tidak lolos kriteria karena tidak ada pengalaman di bidang yang dibutuhkan, padahal sudah melengkapi berkas lamaran,” kata Santi, salah satu pencaker.

Raut kekecewaan juga terlihat dari puluhan pencaker lainnya yang tak lolos dalam kriteria. Tidak hanya pengalaman kerja, beberapa pencaker juga berguguran karena masalah tinggi badan.

Baca Juga: Tak Ada Lowongan Kerja, Pencaker Tetap Padati MPH Batamindo

Situasi serupa juga terjadi ketika PT Ciba Vision membuka lowongan pekerjaan. Ratusan pencaker langsung menyemuti area pendaftaran.

Persyaratan yang harus dipenuhi pencaker adalah usia maksimal 22 tahun dan tinggi badan. Selain itu harus lulusan SMA jurusan IPA, serta kelengkapan berkas pendukung.

”Persyaratan tambahan ada yang mengukur kelembaban telapak tangan para pencaker yang tidak mudah berkeringat. Karena perusahaan tersebut memproduksi softlens,” kata Melki, pencaker asal Batam.

Para pencaker berharap industri di kawasan Batamindo aktif membuka lowongan.(cr1)