batampos.co.id – Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Batam yang berlokasi di kawasan Golden City Bengkong, akan beroperasi mulai Juli nanti. Sebab, operasional gedung masih menunggu tenaga pendamping yang saat ini masih menjalani seleksi.

Gedung PLUT Bengkong.
foto: batampos.co.id / putut ariyotejo

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (KUM) Kota Batam Suleman Nababan mengatakan gedung Beroperasi sudah selesai dibangun 2018 lalu. Fasilitas pendukung untuk operasional gedung pun sudah mulai lengkap.

”Hanya saja, gedung belum operasional karena masih menunggu tenaga pendamping. Mudah-mudahan Juli sudah berjalan,” ujar Suleman, Selasa (18/6/2019).

Menurut dia, anggaran awal rencana pembangunan gedung berlantai 2 itu adalah Rp 2,6 miliar. Akan tetapi saat pembangunan hanya memakai anggaran Rp 2.087.039.930 yang berasal dari APBN.

”Nanti berjalannya waktu, fasilitas yang ada di gedung akan ditambah,” terangnya.

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Syleman mengatakan gedung PLUT dibangun sebagai tempat bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Dimulai dari pengembangan produk seperti pengemasan, sertifikasi halal, dan higienis, manajemen usaha, akses permodalan, hingga pemasaran produk.

”Selama ini persoalan mereka (UMKM) ini produk ada, tapi tak ada tempat pemasaran. Kalau mau masuk mal, syaratnya macam-macam. Makanya kita siapkan tempat. Dan di sana ada konsultan bisnisnya, diajarkan manajemen usahanya, latihan cara packing (pengemasan) yang bagus dan menarik, sampai mempromosikannya,” beber Suleman. (she)