Selasa, 19 Maret 2024

Blanko Kosong, Pencetakan Terkendala

Berita Terkait

Permintaan Tiket Terbanyak adalah Rute Batam-Padang

Peningkatan Status RSUD Tanjungbatu Terus Digesa

Suhu Udara Batam Bisa Mencapai 33 Derajat Celcius

batampos.co.id – Proses pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) kembali tertunda karena stok blangko di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kosong.

Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar mengatakan kekosongan blangko menyebabkan terhambatnya proses penerbitan e-KTP milik warga yang telah mengajukan. Sehingga pelayanan pencetakan di kecamatan tidak bisa dilakukan.

“Rabu ini mau dijemput. Mudah-mudahan bisa dapat banyak,” kata Said, Rabu (19/6).

Ia mengungkapkan saat ini masih banyak tumpukan pengajuan e-KTP yang harus dituntaskan. Untuk itu ia sangat berharap bisa mendapatkan lebih banyak blangko e-KTP.

“Kalau kami maunya dapat 35 ribu sekalian biar semua tercetak. Tapi kan itu tergantung dari pusat. Sebab yang butuh e-KTP bukan Batam saja,” terangnya.

Ia menyebutkan mobilisasi perpindahan penduduk yang cukup tinggi di Batam membuat pengajuan e-KTP juga banyak. Hal ini menyebabkan tumpukan berkas yang mau dicetak juga terus bertambah.

foto: batampos.co.id / dalil harahap

Menurutnya, setiap hari untuk pengajuan surat pindah masuk mencapai dua ratus pengajuan. Pihaknya tidak bisa melarang orang masuk me Batam, untuk itu semua berkas yang telah memenuhi syarat akan diproses. Namun untuk e-KTP diminta untuk bersabar.

“Karena blangko dari pusat, kita juga hanya bisa menunggu. Mungkin beda kondisinya kalau daerah yang siapkan,” imbuhnya

Sementara itu, pengajuan pembuatan e-KTP di Kecamatan Sekupang cukup ramai. Antrean warga yang ingin mendapatkan pelayanan hampir setiap hari terlihat.

Camat Sekupang, Muhammad Arman mengatakan pelayanan pembuatan e-KTP tetap dilayani meskipun ketersediaan blangko tidak ada.

“Semua diproses tapi untuk hasilnya mohon bersabar. Kalau blangko sudah ada pasti semua dicetak. Pencetakan akan dilakukan berdasarkan waktu pendaftaran. Nanti akan diinfokan melalui pesan singkat,” kata dia. (yui)

Update