Selasa, 19 Maret 2024

Dinas Lingkungan Hidup Ingin Menambah Armada Angkut Sampah

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam berencana mengajukan penambahan armada untuk tahun depan. Hal ini untuk menggantikan peran armada yang sudah rusak agar pelayanan pengangkutan sampah lancar.

Kepala Bidang Persampahan, Faisal Novrieco mengatakan melihat kondisi beberapa armada yang rusak, sepertinya perlu ada penambahan armada baru untuk menunjang pengangkutan sampah dari sumber ke tempat pembuangan sementara (TPS).

Ia menyebutkan saat ini ada beberapa armada rusak yang tengah diperbaiki. Meskipun rusak namun armada ini masih layak untuk digunakan dalam operasional pengangkutan sampah.

“Kalau melihat kebutuhan, memang pengadaan armada baru sangat diperlukan. Karena kami tidak punya mobil cadangan. Semua armada jalan dan dioperasikan jadi pasti ada kerusakan dan membutuhkan perawatan,” terangnya.

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Faisal menjelaskan perbaikan armada ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan pengangkutan sampah. Pihaknya mengusulkan tiga hingga lima unit setiap tahunnya. Namun itu kembali lagi pada ketersediaan anggaran.

“Armada kan ada masa pakainya juga. Jadi semakin lama usia armada tentu berpengaruh terhadap kemampuan dan ketahanan armada tersebut,” terangnya.

Saat ini terdapat 120 armada di DLH ditambah 88 armada yang ada di kecamatan dan ditambah 23 becak motor penuh melayani Senin-Sabtu. Sedangkan Minggu ada 30 lori yang dioperasionalkan untuk menyisir sampah di jalan protokol.

“Kami hanya butuh tiga sampai lima unit armada saja untuk meregenerasi armada yang sudah tidak layak jalan tapi masih difungsikan,” tambahnya.

Ia menambahkan saat ini armada rusak digantikan armada yang sudah menyelesaikan pengangkutan di tempat lain. Solusi ini untuk menghindari penumpukan sampah dari sumber.

“Kalau sampah ini kan masalah krusial. Kalau telat sedikit saja masyarakat langsung protes,” tutupnya. (yui)

Update