batampos.co.id – Perusahaan kontraktor minyak terbesar di Indonesia, PT McDermott Indonesia yang terletak di kawasan Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar, Batam, memiliki hal lain yang bisa dikagumi.

Perusahaan ini tidak hanya besar dengan sejarahnya di Indonesia sejak tahun 1970, namun juga memiliki nilai estetika yang kadang bisa dijumpai pada sore harinya.

Ya kawasan industri yang sisi Baratnya berbatasan dengan laut ini menyajikan pemandangan indah kala matahari terbenam.


Pancaran mentari senja diantara konstruksi yang menghampar di lokasi seluar sekitar 110 hektar tersebut menciptakan kesan anggun, menelan hal-hal ‘kasar’ yang memang menjadi jiwa dari industri ini.

Pemandangan senja di sekitar PT MC McDermott yang berada di Batuampar, Kota Batam. Foto: Bobi/batampos.co.id

Keindahan itu sempat terlihat pada Rabu (19/6/2019) kemarin, warna senja kala itu berwarna oranye pekat, membuat beberapa crane yang berdiri di lokasi tersebut berubah menjadi siluet.

Meskipun tidak berlangsung lama, pemandangan indah ini membuat orang-orang yang kebetulan melintas di sepanjang Jalan Bawal Nomor 1 ini banyak mengalihkan pandangan mereka ke arah matahari terbenam ini.

batampos.co.id hanya bisa menyaksikan dari luar pagar perusahaan yang bergerak dalam bidang engineering, fabrication, installation, procurement, research, manufacturing, environmental systems, dan project management itu.

Meskipun demikian, keindahan senja yang sebentar ini tetap bisa dinikmati.

Masyarakat yang ingin menyaksikan matahari terbenam di antara bangunan pipa untuk pengeboran minyak lepas pantai ini, bisa menyusuri Jalan Bawal Nomor 1.

Ada sudut-sudut di mana kita akan memilih untuk berhenti sejenak karena ketika itu kawasan ini memang terlihat indah.

Salah satunya ada di sekitar Gate V (lima) perusahaan subsidiary dari J. Ray McDermott USA yang berdiri pada tahun 1920 ini, tepatnya di depan bangunan utama pengelasan pipa.

Siluet crane yang berada di PT McDermott memperindah sunset di perusahaan asal Amerika Serikat itu. Foto: Bobi/batampos.co.id

Kalau beruntung kita juga bisa mengabadikan momen dimana para pekerja tengah berkegiatan di bawah temaramnya langit.

Damayanti, salah satu pegawai di perusahaan yang berjarak sekitar 19 Kilometer dari negara tetangga Singapura itu menuturkan, ia selalu menantikan momen senja seperti ini.

Pemandangan tersebut, diakuinya memberikan ketenangan setelah lelah menjalani rutinitas di kawasan ini.

“Sukalah nengok pemandangan begitu, apalagi nengok dari dekat. Kalau lagi bagus-bagusnya pasti difoto,” kata wanita berusia sekitar 23 tahun itu.

Sunset yang tampak di sekitar pintu 5 PT McDermott yang berada di Batuampar, Kota Batam. Foto: Bobi/batampos.co.id

Meskipun sudah sering menyaksikan momen matahari terbenam di sini, dia mengaku tidak bosan.

Ia justru berharap bisa menyaksikan sunset seperti ini setiap hari. Hanya saja terkadang waktu kerjanya tidak memungkinkan untuk melakukan itu.(bbi)

Loading...