Jumat, 29 Maret 2024

Warga Aster Raya Terganggu Bau Tak Sedap Air Rembesan Tempat Pembuangan Sementara

Berita Terkait

batampos.co.id – Setiap warga yang melintas dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di dekat Perumahan Aster Raya mengeluhkan bau busuk, terutama air dari sampah yang langsung mengalir ke badan jalan. Padalah jalan raya tersebut merupakan akses utama ke beberapa perumahan di sekitarnya.

Seorang warga perumahana Gurindam Raya, Melva mengatakan, setiap hujan turun, maka air dari TPS akan langsung ke jalan raya. Bagi pengguna jalan ini tidak nyaman. Apalagi ada anak-anak yang sering jelan kaki lewat jalan raya tersebut.

“Kenapa tidak ada drainase di sekitar ini. Jelas ini sangat mengganggu kami. Kita berharap ada drainase atau parit kecil di pinggir jalan,” katanya, Selasa (18/6).

Warga perumahan Aster Raya, Ernawati mengaku selalu tidak nyaman saat melintas dari jalan tersebut. Apalagi setelah hujan. Bau busuk dari sampah langsung mengalir ke jalan raya.

“Kalau sudah hujan, airnya sangat menjijikkan. Kotoran dari tempat sampah terbawa air. Kalau naik motor sangat tidak nyaman,” ujarnya.

ilustrasi

Ernawati mengatakan, jalan tersebut memang bukan jalan protokol tetapi jalan utama untuk beberapa perumahan. Ia berharap, Pemko Batam bisa membuat drainase kecil di sisi kiri dan kanan jalan agar air bisa mengalir melalui drainase kecil ke drainase induk.

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Yumasnur mengatakan, saat ini memang pihaknya fokus menangangi masalah banjir di Batam. Termasuk untuk pembangunan sejumlah drinase di Batam. Tetapi ini akan dilakukan bertahap. Pemko juga saat ini masih fokus untuk normalisasi drainase yang ada.

“Kita terus mengupayakan normalisasi di setiap drainase. Tapi kita lakukan bertahap. Di mana yang rentan banjir kita fokus di sana,” katanya.

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan. Terutama kesadaran untuk tidak membuang sampah ke drainase karena bisa menghambat aliran air. (ian)

Update