Kamis, 25 April 2024

Kini RSUD Embung Fatimah Miliki Ruang Kemotrapi

Berita Terkait

batampos.co.id – Setelah menghadirkan layanan poliklinik khusus untuk para lanjut usia (Lansia), Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUDEF), Batuaji, kembali menghadirkan inovasi layanan yaitu dengan memberikan ruangan khusus untuk kemoterapi.

Ruang kemoterapi di RSUDEF memiliki fasilitas empat tempat tidur dan tiga kursi santai yang bisa digunakan pasien saat menjalani kemoterapi.

Serta dilengkapi fasilitas Biological Safety Cabinet standar Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) bertaraf Nasional, sebagai alat yang digunakan untuk mencampur obat untuk pasien.

Dokter Spesialist Onkologi RSUDEF, dokter Indra Siregar, mengatakan, alat Biological Safety Cabinet hanya ada di RSUDEF.

“Alat ini belum ada di rumah sakit lain di di Batam maupun Kepri, hanya ada di RSUD ini saja,” katanya, Jumat (21/6/2019).

Manajemen RSUD Embung Fatimah Batam memperlihatkan ruang khusus kemoterapi. Rumah sakit pemerintah ini memiliki alat Biological Safety Cabinet dapat mencampur obat yang akan digunakan pasien lebih terjamin dan steril. Foto: Azis Maulana/batampos.co.id

Kata dia, dengan alat tersebut, masyarakat Batam yang membutuhkan pelayanan kemoterapi tidak perlu lagi jauh-jauh ke Malaysia, Singapura, atau Jakarta. Terapi cukup dilakukan di RSUDEF Batuaji.

”Dengan alat ini maka pencampuran obat yang akan digunakan pasien lebih terjamin dan steril,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan bantuan alat Biological Safety Cabinet, pencampuran obat tidak terkontaminasi baik kepada pasien, terlebih kepada petugas medis.

”Dengan Bantuan alat ini, obat yang akan digunakan pasien juga sesuai takaran,” kata Indra.

Dengan bantuan alat tersebut, para petugas medis di RSUDEF bisa menangani pasien kemoterapi dari tingkat satu sampai dengan tingkat tiga.

Wakil Direktur RSUDEF bidang Pelayanan Medik, dokter gigi Sri Rupiati, mengatakan, RSUDEF akan terus melakukan upaya perbaikan pelayanan terhadap pasien.

”Ini adalah bentuk pelayanan kita kepada masyarakat,” kata Sri.

Dia juga menjelaskan bahwa RSUDEF yang ditetapkan sebagai rujukan regional untuk Kepri, harus bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

”Dengan ruang khusus kemoterapi ini, pasien merasa nyaman saat kemoterapi,” ucapnya. (cr1)

Update