Sabtu, 20 April 2024

Lowongan Pekerjaan di Batam Terbatas, Pencari Kerja Mencapai 11 Ribu Orang

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam belum menerima adanya informasi ketersediaan lowongan pekerjaan dari perusahaan yang ada di Batam.

Hal ini disampaikan Kepala Disnaker Batam, Rudi sakyakirti, Sabtu (22/6/2019).

“Kalau info hanya lisan saja ada, namun kalau mereka menyampaikan ke kami belum ada,” katanya.

“Memang ada informasi ada penerimaan besar-besaran tapi belum tahu waktunya,” kata dia lagi.

Ia menyebutkan usai lebaran jumlah pencari kerja luar BatamĀ  mulai kembali ramai.

Hal ini terlihat dari pengurusan di Kantor Disnaker Batam, Sekupang. Satu hari untuk e-KTP luar Batam mencapai 30 sampai 40 orang.

Para pencari kerja memenuhhi Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo, Mukakuning.
Foto: Yulitavia /batampos.co.id

“Selama dibuka pencari kerja luar Batam mencapai ratusan lebih. Mereka kebanyakan lulusan SMA sederajat, namun ada juga lulusan S-1 meskipun jumlahnya tidak banyak,” sebutnya.

Kata dia, alasan mereka datang ke Kota Batam, kebanyakan ikut saudara. Mereka lanjutnya kebanyakan mengincar posisi operator di perusahaan.

“Rata-rata mereka mau mencari kerja di Muka Kuning, kawasan industri itu paling banyak diinginkan pencari kerja dari luar Batam,” jelasnya.

Rudi mengatakan, hingga pertengahan tahun 2019 ada 11 ribu pencaker yang sudah terdaftar di Disnaker.

“Jumlah pencaker yang sudah terserap itu datanya belum ada, karena pencaker jarang melaporkan kalau mereka sudah mendapatkan pekerjaan,” jelasnya.

Ia mengakui, saat ini lowongan pekerjaan di Kota Batam masih terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah pencaker. Pertumbuhan pencaker di Batam cukup tinggi.

“Padahal di daerah asal mereka juga ada perusahaan, namun mereka tetap memilih Batam. Alasannya upah di Batam cukup tinggi,” paparnya.

“Adanya informasi masuknya perusahaan tentu akan berdampak positif bagi pencaker ini. Asalkan mereka bisa memenuhi persyaratan,” tegasnya.

Rudi menambahkan serbuan pencaker ke Batam bisa dibilang masih tidak jauh berbeda dari tahun 2018 lalu.

Setiap tahun berdasarkan data, tercatat sedikitnya 22 ribu pencaker di Batam dan setengah di antaranya terserap dari lowongan yang ada.(yui)

Update