batampos.co.id – Kota Batam memiliki hubungan emosional yang baik dengan Malaysia dan Singapura, khususnya di bidang pariwisata.

Meski hingga saata ini belum ada perjanjian secara resmi di bidang pariwisata antara Pemkot Batam dengan Malaysia dan Singapura, wilayah yang dahulunya dikenal dengan sebutan Sijori (Singapura, Johor, Riau) itu kerap bertukar promosi pariwisata



Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, kedekatan kedua negara itu dengan Batam telah mampu saling mengisi.

“Kita ini bertetangga, jadi memang sudah dekat dari dulu-dulu,” kata Ardi ketika dihubungi, Senin (24/6/2019).

Ardi menjelaskan, selama ini Disbudpar Kota Batam, sangat leluasa menjaring kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman) asal Malaysia untuk berkunjung ke Batam.

Berbagai program seperti table top, famtrip, direct selling, dan berbagai agenda yang mendukung sektor pariwisata, sudah dilakukan.

Tiga wisatawan saat berswafoto dengan latar belakang Welcome To Batam, Sabtu (12/5/2019) lalu. Turis Singapura dan Malaysia banyak menikmati liburan ke Batam pada liburan akhir pekan. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

“Saya katakan, antara Batam, Malaysia, dan Singapura itu kita akrab sekali, kita saling bertukar promosi, masyarakat kita juga begitu,” kata Ardi lagi.

Baca Juga: 50 Persen Turis yang Datang Ialah Milenial

Kata Ardi, tidak menutup kemungkinan hubungan baik itu akan diikat oleh perjanjian secara resmi yang akan memberikan gerak positif pariwisata di ketiga negara tersebut.

Terlebih kata dia, dalam pertemuan ke-12 Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Thailand pada Minggu (23/6/2019) lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung perihal peningkatan sektor pariwisata dari kerja sama ini.

IMT-GT merupakan kerja sama subregional antar ketiga negara.

Indonesia diikuti oleh 10 provinsi di pulau Sumatera, mulai dari Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Lampung.

Baca Juga: Batam Intens ‘Tarik’ Wisman India Dan Timur Tengah

Thailand diwakili oleh 14 provinsi di bagian selatan Thailand diantaranya Krabi, Nakhon Si Thammarat, Narathiwat, Pattani, Phattalung, Satun, Songkhla, Trang, Yala, Chumphon, Ranong, Surat Thani, Phang Nga, dan Phuket.

Sementara Malaysia diikuti oleh delapan negara bagian di semenanjung Malaysia yaitu Kedah, Perlis, Perak, Penang, Selangor, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan.(bbi)

Loading...