Kamis, 28 Maret 2024

Senin Malam, Pesawat Singapore Airline Divert ke Bandara Hang Nadim, Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Tiga pesawat tujuan Singapura terpaksa mendarat (divert) di Bandara Hang Nadim, Batam, Senin (24/6) malam. Dua di antaranya merupakan pesawat asing milik Singapore Airline. Sementara satu lagi merupakan pesawat dalam negeri, Garuda Indonesia tujuan Singapura.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan, ketiga pesawat tersebut terpaksa mendarat di Hang Nadim karena padatnya intensitas penerbangan di bandara tujuan, Bandara Internasional Changi, Singapura. Sehingga ketiga pesawat tersebut tidak bisa mendarat di Changi sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

DIREKTUR Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso (tengah), foto di dekat pesawat Singapore Airline yang mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, Senin (24/6). Sebanyak tiga pesawat tujuan Changi, Singapura, terpaksa mengalihkan penerbangan (divert) ke Hang Nadim karena padatnya lalu lintas penerbangan di bandara tujuan.

Hang Nadim memang menjadi tujuan apabila ada pesawat ke Singapura tidak dapat mendarat,” kata Suwarso, tadi malam.

Suwarso merinci, pesawat yang divert pertama kali di Hang Nadim tadi malam adalah pesawat penumpang milik Singapore Airline. Pesawat tipe Airbus A.350 itu mendarat sekitar pukul 20.23 WIB.

Pesawat dengan kode penerbangan SIA-963 itu sebelumnya terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Singapura. Namun, karena tidak bisa mendarat di Changi sesuai jadwal, pesawat tersebut harus mendarat di Batam. Suwarso menyebut ratusan penumpang tidak turun saat pesawat mendarat di Hang Nadim.

“Seperti biasa, penumpang tidak turun. Mereka tetap berdiam di dalam pesawat,” katanya.

Tak lama berselang, tepatnya pada puku 20.35 WIB, giliran pesawat Garuda Indonesia yang mendarat di Hang Nadim. Pesawat pelat merah ini juga terbang dengan rute yang sama, yakni Soekarno-Hatta – Changi. Pesawat yang membawa 128 orang penumpang ini parkir di Hang Nadim selama kurang lebih 1 jam 30 menit.

“Pukul 22.00 WIB take off menuju Changi,” kata Suwarso lagi.

Sementara pesawat ketiga yang mendarat di Hang Nadim tadi malam adalah pesawat kargo, juga milik Singapre Airline. Pesawat jenis Boeing B.747-400 itu mendarat pada 20.43 WIB di Hang Nadim.

“Pesawat ini terbang dari Du­bai menuju Changi, Singa­pura,” pungkas dia. (ska)

Update