Sabtu, 20 April 2024

Waspada Angin Kencang

Berita Terkait

batampos.co.id – Dalam beberapa hari terakhir, wilayah Natuna mengalami cuaca buruk terutama pada malam hari. Angin kencan disertai hujan datang secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan beberapa pohon tumbang akibat diterjang angin kencang.

Menurut prakirawan Stasiun Meteorologi Ranai Asrul Saparuddin, terjadinya cuaca buruk secara tiba-tiba disebabkan adanya pola sirkulasi angin di Samudera Hindia Bagian Barat Kepulauan Mentarai, serta terdapat pusat tekanan rendah di Samudera Pasifik Utara Papua.

”Adanya pola sirkulasi angin ini menyebabkan peningkatan kecepatan angin terpantau di perairan Natuna sampai laut Natuna Utara. Pola sirkulasi angin ini dapat menyebabkan peningkatan tinggi gelombang laut,” kata Asrul, Minggu (23/6).

Asrul mengatakan, kecepatan angin dapat terjadi di wilayah Natuna mencapai 40 kilometer per jam, yang bertiup dari Selatan menuju Barat. Namun kondisi cuaca di Natuna cerah dan berawan yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

ilustrasi

”Secara umumnya cuaca cerah berawan. Masyarakat tetap waspada potensi angin kencang yang terjadi secara tiba-tiba,” imbaunya.

Curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir di Natuna dikhawatirkan menyebabkan rumah warga kembali direndam banjir, terutama di Desa Sebadai Hulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut. Karena kawasan tersebut merupakan rawan banjir ketika aliran sungai meluap.

”Kami berharap, curah hujan lebat tidak berkepanjangan, karena bisa aliran sungai meluap seperti tahun lalu,” tutur Sudir warga Sebadai Ulu. (arn)

Update