Kamis, 25 April 2024

Polisi Siagakan Tim Khusus untuk Awasi Balapan Liar

Berita Terkait

batampos.co.id – Aksi balapan liar terus diwaspadai aparat kepolisian, terutama memasuki libur sekolah.

Satuan Sabhara Polresta Barelang siap mencegah aksi pembalap dadakan yang kemunculannya sangat mengganggu ketertiban umum dan memicu tindakan kriminal.

Kasat Sabhara Polresta Barelang, Kompol Firdaus, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim khusus dalam mengantisipasi balapan liar di wilayah hukum Polresta Barelang.

Untuk lokasi balapan liar, pihaknya sudah meme­takan sejumlah titik yang kerap dijadikan arena balap liar. Di antaranya di wilayah Batam Kota, Batuampar, Sekupang, Bengkong, dan beberapa wilayah lainnya.

”Kemarin malam Minggu, semua kita amankan (pemotor yang berkumpul) di setiap sisi persimpangan untuk mencegah terjadinya kebut-kebutan atau balapan liar maupun kejahatan lain,” ujarnya.

Ilustrasi

Dilanjutkan Firdaus, mengenai aktivitas balap liar, polisi sudah sering menertibkannya. Sepeda motor pembalap liar pun turut disita dan dibawa ke Polresta Barelang.

Aktivitas balap liar dinilai bisa memicu tindakan kriminal serta terjadinya kecelakaan lalu lintas.

”Kita melakukan pencegahan terhadap balapan liar ini bersama dengan Satlantas maupun polsek-polsek,” tuturnya.

Selain itu, Firdaus mengimbau kepada seluruh orangtua untuk lebih memperhatikan serta memantau anak-anak mereka jika sudah keluar dari rumah.

Sebab, dengan pergaulan yang bebas, para remaja kerap terpengaruh narkoba atau alkohol yang berujung melakukan tindak pidana.

”Harapan kami kepada para orangtua ,tolong diawasi anak-anaknya saat keluar rumah,” ujarnya.

“Karena pergaulan mereka di luar terkadang sangat merugikan diri mereka bahkan ada yang berbuat tindak kriminal,” kata Firdaus lagi.(cr1)

Update