Kamis, 18 April 2024

Ranting Pohon Ancam Keselamatan Pengendara

Berita Terkait

batampos.co.id – Hujan deras yang disertai angin kencang kembali mematahkan sejumlah ranting pohon penghijau pinggir jalan di Batuaji, Rabu (26/6/2019) siang. Patahan ranting mengarah ke bahu jalan sehingga sangat membahayakan pengendara.

Suyanto, warga kampung Bintang, Tanjunguncang berharap pihak terkait dapat memangkas atau merapikan ranting pohon yang terlampu rimbun ataupun rapuh.

“Jangan anggap sepele ini, banyak pohon besar di sepanjang jalan ini,” ujarnya.

“Hari ini rantingnya yang patah, besok mungkin pohonnya yang tumbang. Ini sangat berbahaya karena jalur ramai jalan ini,” kata Suyanto lagi.

Kekhawatiran warga cukup beralasan sebab beberapa waktu lalu seorang pengendara sepeda motor tewas tertimpa pohon tumbang di jalan Diponegoro, Hutan Matakucing, Sekupang.

Ranting pohon yang patah di pinggir jalan Brigjen Katamso, Batuaji. Foto: Eja/batampos.co.id

“Selama musim hujan dan angin kencang ini sudah banyak pepohonan penghijau di Batuaji dan Sagulung yang patah atau tumbang,” katanya.

Dari catatan batampos.co.id pohon tumbang pernah terjadi di jalan R Suprapto. Akibatnya seorang pengendara sepeda motor terluka parah tertimpa ranting pohon di tanjakan Bukit Daeng, Tembesi.

Peristiwa serupa kembali terjadi di Brigjen Katamso, Tanjunguncang siang kemarin. Hujan deras disertai angin kencang mematahkan ranting pohon di jalan depan Mapolsek Batuaji.

Meskipun ranting yang patah tak begitu besar, warga pengguna jalan tetap kuatir sebab di sepanjang jalan itu berdiri pohon besar yang luput dari pengawasan dan penataan rutin.(eja)

Update