Jumat, 19 April 2024

BP Batam Optimis Sejumlah Investor Baru Akan Hadir Gantikan PT Unisem dan Foster

Berita Terkait

batampos.co.id – Meski sudah kehilangan dua perusahaan besar yang menutup pabriknya di Batam, Badan Pengusahaan (BP) tetap optimis akan ada sejumlah investor baru yang datang menggantikannya.

Contohnya Volex yang akan segera ekspansi dan menyerap tenaga kerja hingga ribuan.

“Soal Unisem memang disayangkan, tapi mereka memang sudah lama menghadapi masalah penyesuaian persaingan bisnis global yang sangat dinamis,” kata Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady, Sabtu (29/6/2019).

Jika ada perusahaan yang juga pergi karena mencari upah murah, BP juga taqk akan menghalangi karena itu merupakan keputusan bisnis.

“Kita akan berusaha terus memanjakan dan menjaga investasi yang ada dan menggoda investasi baru,” katanya lagi.

Ilustrasi pekerja di Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning, Kota Batam. Foto: Dalil Harahap

BP juga siap memberikan pelayanan terbaik bagi perusahaan yang berniat ekspansi di Batam.

Kata dia, sejumlah insentif dan fasilitas menarik di Batam yang diminati para investor antara lain seperti pembebasan pajak Bea Masuk Impor dan Ekspor dan pembebasan pajak pertambahan nilai (Value Added Tax).

Kemudian fasilitas GSP (Generalized System ofPrefrences), perjanjian penghindaran pajak berganda dengan 57 negara, biaya investasi yang terjangkau, keamanan dan kenyamanan menyimpan data di DRC (Data Recovery Center) BP Batam serta lokasi yang begitu strategis menjadi kehandalan Batam.

“BP akan berkonsolidasi dengan stakeholders terkait baik di daerah maupun pusat dalam kaitannya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pelaku industri di Batam,” paparnya.(leo)

Update