batampos.co.id – Seribuan warga berdesak-desakan di lingkungan SMK Negeri 3 Kota Batam, Seibeduk, untuk mendaftarkan anak mereka di hari pertama PPDB, Senin (1/7/2019).

Mereka datang dari berbagai wilayah di Kota Batam sejak pukul 08.00 WIB. Kedatangan para orangtua calon siswa ini untuk melengkapi berkas PPDB anak-anak mereka.

Sesuai petunjuk teknis dari Disdik Provinsi Kepri, PPBD dilakukan secara online mandiri melalui website yang sudah ditentukan.

Setelah itu calon siswa membawa print berkas yang didaftar untuk diperiksa pihak  ke sekolah yang dituju kemudian dilakuka test dan wawancara.

Kedatang seribuan warga ke SMKN 3, sepanjang hari kemarin, untuk memenuhi persyaratan pendaftaran tersebut.

Para orangtua antre agar anak mereka dapat mengikuti tes dan wawancara oleh panitia PPDB sekolah.

“Semua berkas sudah beres tinggal tes dan wawancara itu saja,” jelas ujar Endang, warga Bidaayu yang ikut berjubel di lokasi PPDB SMKN 3 Batam.

“Banyak jadi masih nunggu giliran,” katanya lagi.

Orangtua siswa dan anaknya antre saat mendaftarkan anaknya di SMK Negeri 1 Batuaji, tahun lalu.

Ketua PPDB SMKN 3 Batam, Budi Hendrika, mengatakan, untuk memudahkan proses PPDB tersebut, pihaknya terpaksa membatasi jumlah peserta yang tes dan wawancara sebanyak 100 peserta untuk setiap jurusan yang ada per hari.

“Ada enam jurusan, jadi enam ratus peserta orang per hari sampai tanggal 6 nanti,” ujarnya.

Kata dia, peserta yang sudah mendaftar dihari pertama, mencapai seribuan peserta. Jumlah itu lanjutnya diprediksi terus bertambah. Seban PPDB masih dibuka hingga lima hari kedepan.

“Penerimaan siswa baru untuk SMK tidak berdasarkan zonasi,” jelasnya.

Penerimaan berdasarkan kriteria PPDB sesuai juknis yang ada yakni sistem ranking atau nilai UN.

“Sesuai dengan Juknis dari Disdik tahun ini kami terima sekitar 540 siswa baru untuk 15 rombel,” kata Budi.

Budi mengatakan, jurusan yang ada di SMKN 3 Batam di antaranya, teknik Komputer dan Jaringan, teknik Elektronika Industri, teknik Pendingan dan Tata Udara, teknik Kendaraan Ringan, teknik dan bisnis sepeda motor serta desain Permodelan dan Informasi Bangunan.

Sepanjang hari pertama PPDB kemarin, tidak ada kendala yang dihadapi panitia PPDB sebab proses pendaftaran online dan pengecekan berkas berjalan lancar.

“Yang ada cuma desak-desakan seperti ini, tapi sudah kami antisipasi dengan beri nomor antrian 100 orang perjurusan setiap hari,” ujar Budi.(eja)