Rabu, 24 April 2024

Beri Rasa Amakan Kepada Wisawatan, Dinas Pariwisata Berharap Polisi Pariwisata Diaktifkan Kembali

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau berupaya meningkatkan keamanan di objek-objek wisata unggulan di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar, mengatakan, peningkatan keamanan tersebut dilakukan seiring dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Provinsi Kepri.

Peningkatan layanan keamanan ini, kata Buralimar, akan diupayakan dalam bentuk diaktifkannya kembali polisi pariwisata.

“Jadi polisi pariwisata itu dulu bentuknya pengamanan dari kepolisian, tugasnya membantu tugas-tugas pengamanan di lokasi pariwisata,” kata Buralimar ketika dihubungi, Kamis (4/7/2019).

Sejumlah turis asal Tiongkok saat Swafoto dengan landmark Welcome To Batam, beberapa waktu lalu. Landmark Welcome To Batam menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi baik oleh wisatawan lokar maupun dari Mancanegara. Foto: Cecep Mulyana/batam pos.co.id

Senada dengan Buralimar, Ketua DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kepri, Irwandi Azwar, menjelaskan, hadirnya peningkatan layanan keamanan untuk sektor pariwisata selayaknya dihadirkan.

Baca Juga: Tolong Pak Polisi, Turis Korea Selatan Dijambret Dekat Kantor Wali Kota Batam

Hal itu untuk menjamin keamanan wisman yang berkunjung ke berbagai wilayah di Kepri.

“Saya dengar Wisman di Kepri sudah peringkat dua nasional, artinya jumlah wisatawan yang datang akan lebih banyak,” kata dia.

“Maka keamanan mereka juga harus tetap diprioritaskan,” kata Irwandi lagi.

Menurutnya dengan adanya polisi pariwisata, akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan asing yang berada di lokasi wisata.

Terutama kesan kesiapan Kota Batam sebagai kota pariwisata yang menjamin hak keamanan dari wisman yang berkunjung.(bbi)

Update