Kamis, 25 April 2024

Besok, Jemaah Calon Haji Embarkasi Kota Batam Terbang ke Tanah Suci

Berita Terkait

batampos.co.id – Besok, Sabtu (6/7/2019) jemaah calon haji (JCH) Embarkasi Kota Batama akan diberangkat ke Tanah Suci, Makkah.

Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran Haji, Dokumen, dan Sistem Haji Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Kepri, Alikek, mengatakan, persiapan menyambut kedatangan JCH sudah rampung dilaksanakan.

Menurutnya pada Kamis (4/7/2019) JCH yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama sudah mulai masuk Asrama Haji Batam, Batam Center.

“Para JCH itu berasal dari Natuna, Anambas dan Lingga,” jelasnya, Kamis (47/2019).

Kata dia, para JCH akan berada selama satu hari di asrama haji Kota Batam sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Alikek menjelaskan, selain berasal dari Natuna, Anambas, Lingga, JCH kloter pertama, juga ada yang berasal dari Kota Batam.

“Seperti tahun lalu, JCH asal Natuna dan Anambas ke Batam menggunakan pesawat terbang,” jelasnya.

”Sebagian JCH datang hari Kamis (4/7/2019), karena jarak dari Batam cukup jauh, jadi mereka masuk asrama lebih awal,” paparnya lagi.

Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Anambas embarkasi Batam saat memasuki Asrama Haji, Kamis (4/7/2019). Jemaah calon haji Kloter pertama embarkasi Batam akan diberangkatkan Sabtu (5/7/2019) besok. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Selama di Asrama Haji Batam, lanjutnya, JCH akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan tahap akhir, pemberian gelang kesehatan, dokumen kelengkapan ibadah haji, dan uang saku.

Alikek menambahkan, proses keberangkatan akan dimulai pada Sabtu (6/7) pukul 02.00 WIB.

Panitia menyiapkan 10 armada bus untuk mengangkut JCH dari Asrama Haji menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Kloter pertama terdapat 443 JCH asal Kepri.

”JCH Batam paling terakhir masuk karena dekat dengan asrama. Berbeda dengan daerah lain yang jauh,” sebutnya.

Selama di asrama haji para JCH mendapatkan dua kali makan berat, satu kali sarapan, dan dua kali makanan ringan.

Petugas kata dia, sudah menyiapkan katering yang sehat dan aman untuk para JCH.

”Makanan disesuaikan, emarin kami sudah mengecek menu katering juga. Jadi semua sudah siap,” imbuhnya.

Pelepasan JCH kloter pertama nanti oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun. JCH mulai diberangkatkan ke bandara pukul 03.00 WIB dan diterbangkan pukul 06.00 WIB.

”Paling lambat pukul 15.00 WIB sudah tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah,” sebutnya.(yui)

Update