Selasa, 19 Maret 2024

38 Ribu e-KTP Warga Kota Batam belum Bisa Dicetak

Berita Terkait

batampos.co.id – Ribuan berkasi pengajuan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) masih menumpuk di seluruh kecamatan yang ada di Kota Batam. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam, Said Khaidar, Sabtu (6/7/2019).

“Total ada sekitar 38.661 ribu lebih e-KTP yang belum tercetak karena keterbatasan blangko dari pusat,” kata dia.

Said menyebutkan sebanyak 3.108 pengajuan merupakan e-KTP pemula sedangkan sisanya 35.537 merupakan pengajuan berdasarkan perubahan status, alamat hingga rusak.

“Untuk itu, kami kembali menyurati pusat meminta tambahan blangko sebanyak 40 ribu keping,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pencetakan e-KTP pemula menjadi prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu. Sebab, mereka belum pernah memiliki e-KTP sebelumnya, dan itu sangat penting untuk data kependudukan Kot Batam.

“Khusus yang perubahan, perbaikan atau pergantian belum bisa diakomodir karena blangko yang ada diberikan untuk pemula,” imbuhnya.

Menurutnya, selama menunggu proses pencetakan, warga bisa mendapatkan surat keterangan (Suket) sebagai pengganti e-KTP. Fungsi dari Suket sama dengan e-KTP jadi tetap bisa digunakan untuk mengurus keperluan seperti perbankan dan lainnya.

foto: batampos.co.id / dalil harahap

“Kalau memang penting. Warga minta langsung ke kecamatan, jadi semua tidak ada masalah hingga kebutuhan blangko sepenuhnya terpenuhi,” ujar mantan Camat Batuampar ini.

Namun begitu, Said menegaskan pada dasarnya blangko tersedia, hanya saja jumlahnya tidak banyak. Karena pengadaan dari pusat. Daerah hanya bisa mengajukan, kebijakan itu dari pusat.

“Persediaan menipis kami surati lagi. Berapapun dapatnya kami harus jemput. Karen untuk menuntaskan penumpukan ini,” bebernya.

Ia berharap permintaan penambahan blangko ini bisa disetujui, sehingga ribuan warga yang masih menunggu e-KTP bisa segera memiliki bentuk fisik e-KTP mereka.

“Kalau terpenuhi, dalam waktu dekat ini semua tumpukan akan selesai,” tutupnya. (yui)

Update